Jakarta (ANTARA) - Perum Bulog bekerja sama dengan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) bekerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan sumber daya manusia.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dilakukan oleh Direktur Human Capital Perum Bulog Purnomo Sinar Hadi dengan Rektor Unsoed Prof Akhmad Sodiq yang disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara Kuliah Umum Tokoh Nasional di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

“Kolaborasi BUMN dan perguruan tinggi sangat dibutuhkan dalam menciptakan generasi digital yang tangguh di era disrupsi. Kita harus memikirkan bagaimana caranya mengisi kemerdekaan dengan kedaulatan pangan, energi, maupun ekonomi. Ekonomi digital adalah ekonomi masa depan kita dengan kesempatan dan market besar,” kata Erick Thohir dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir memaparkan lima tren disrupsi global yang harus siap dihadapi Indonesia untuk mewujudkan Indonesia emas pada 2045. Lima tren disrupsi global tersebut meliputi geo-ekonomi, demografi, lingkungan, teknologi, dan kesehatan.

Erick mengatakan pertumbuhan ekonomi tidak boleh hanya mengandalkan Sumber Daya Alam (SDA), tetapi juga perlu diperkuat oleh ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dengan memiliki pola pikir yang bertumbuh sehingga generasi muda bisa menjadi lebih tangguh dan adaptif.

Direktur Human Capital Perum Bulog Purnomo Sinar Hadi mengatakan Bulog memberikan kesempatan pada mahasiswa Unsoed untuk memiliki pengalaman merasakan dunia kerja di Perum Bulog dalam program magang.

“Di samping memberikan dukungan melalui penyelenggaraan Kuliah Umum Bersama Tokoh Nasional, Bulog juga turut serta dalam memajukan pendidikan Indonesia dengan membuka kesempatan magang bagi para mahasiswa,” kata Purnomo.

Purnomo menambahkan dunia pendidikan adalah pembekalan paling dasar guna menyiapkan generasi yang tangguh di masa mendatang. "Untuk itu Perum Bulog siap mengabdi dan memberikan hal terbaik guna mendukung hal tersebut," katanya.

Baca juga: PPSKI minta pemerintah tugaskan Bulog tampung ternak petani

Baca juga: Bulog pastikan daging kerbau impor bebas PMK

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022