Palangka Raya (ANTARA) - Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalimantan Tengah berupaya mendorong aktivitas klub-klub catur yang ada di daerah setempat.

"Ke depan kami berupaya menghidupkan kembali klub-klub catur yang ada, maupun membentuk kembali klub baru agar masyarakat terfasilitasi dalam bermain catur," kata Ketua Umum Pengprov Percasi Kalteng Saiful di Palangka Raya, Rabu.

Dengan adanya wadah bagi para pecatur di masing-masing daerah yakni berupa klub, maka diharapkan pembinaan dan perkembangan olahraga catur di Kalteng semakin terarah.

Baca juga: Pecatur muda Murung Raya wakili Indonesia dalam Asean Youth 2022 

"Selain itu, sesuai ketentuan pusat dan munas, keberadaan klub catur di kecamatan, akan menjadi penentu terbentuknya pengurus Percasi kabupaten dan kota di seluruh wilayah Indonesia," terangnya.

Untuk itu, penggiatan klub-klub catur di Kalteng akan menjadi salah satu agenda prioritas dari kepengurusan Percasi Kalteng periode 2021-2025 yang baru saja dilantik tersebut.

Kemudian Percasi Kalteng juga berupaya melakukan revitalisasi atau penguatan terhadap sekolah-sekolah catur di daerah, sehingga dapat mendukung pengembangan serta peningkatan prestasi cabang olahraga catur.

"Berdasarkan pengamatan kami selama ini, banyak bibit-bibit pecatur daerah yang memiliki daya saing. Kita bersama-sama akan mendukung pembinaan maupun pengembangan cabor ini, agar ke depan diharapkan ada atlet dari daerah kita bisa menjadi bagian tim nasional dalam ajang internasional seperti Olimpiade," ucapnya.

Baca juga: Pecatur Indonesia Adit dan Jodi tambah rating usai tampil di Vietnam

Lebih lanjut dia menjabarkan, salah satu yang akan ia persiapkan ke depan adalah memperjuangkan atlet catur Kalteng agar bisa berkiprah dan berprestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024.

"Kami pengurus Percasi sangat menyadari dalam momen ini, pemprov maupun masyarakat menyerahkan tugas kepada kami untuk memajukan dan memasyarakatkan olahraga catur. Kami akan berupaya maksimal, tentu dengan dukungan dari semua pihak," jelasnya.

Sementara itu, saat ini sebagai salah satu upaya memajukan olahraga catur, digelar Open Turnamen Catur Piala Gubernur Kalteng tingkat nasional 2022. Ketua Panitia Ahmad Syaifudi mengatakan, kegiatan ini untuk memotivasi para atlet untuk mengembangkan kemampuannya.

"Khususnya sebagai wadah pembinaan dan peningkatan prestasi atlet, baik junior maupun pelajar," ucapnya.

Adapun yang berpartisipasi, sebanyak 178 peserta untuk kategori umum terbuka putra-putri, kategori umur 17 tahun putra se-Kalteng sebanyak 46 peserta dan putri sebanyak 14 peserta.

Baca juga: Pecatur Indonesia Adit dan Jodi tambah rating usai tampil di Vietnam

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022