di negara tujuan aku hanya menggunakan budget untuk makan sama ngopi
Jakarta (ANTARA) - Travel blogger Kenny Santana membagikan kiat kepada pelancong pemula agar tidak over budget saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

“Buat traveler baru, yang penting sudah rencanakan budget, sudah research dari jauh-jauh hari, sudah nabung juga. Dan tips yang paling penting sih jangan takut,” kata Kenny saat dijumpai ANTARA di OCBC Tower, Jakarta Selatan, Rabu.

"Buat orang mungkin pemula, takut karena bahasanya enggak bisa. Takut nyasar. Kalau misal ke Jepang takut bahasa, menurut aku dengan kemudahan sekarang ada aplikasi translate, dan lain-lain. Enggak kayak zaman dulu, harusnya lebih punya keberanian buat jalan itu sih,” sambungnya.

Baca juga: Memilih liburan berdasarkan zodiak Anda

Selain itu, Kenny juga memberikan tips agar para traveler pemula tidak mengeluarkan budget lebih dari yang sudah ditentukan. Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya traveler sudah membeli tiket pesawat maupun tiket wisata secara online. Dia juga mengingatkan agar travel blogger memeriksa kurs uang di negara tersebut.

Hal ini dilakukan agar pada saat traveler sampai di negara tujuan, mereka tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli tiket. Sehingga, biaya yang perlu disiapkan hanya biaya konsumsi sehari-hari saja.

“Biar enggak over budget, aku biasanya susun dulu dari sebelum berangkat (biayanya). Mulai dari tiket pesawat, akomodasi, dan aku tahu di negara itu aku mau ke mana saja,” ujar Kenny.

“Jadi aku sudah beli tiketnya. Pas sudah di negara tujuan aku hanya menggunakan budget cuma untuk makan sama ngopi dan lain-lain. Contoh kalau belum pernah ke Singapura mungkin bisa search berapa biaya makan di sana,” imbuhnya.

Sementara itu, agar bisa mendapatkan tiket pesawat murah, Kenny menyarankan agar para traveler pemula dapat mencari tiket promo di travel fair. Namun, pastikan Anda membeli tiket yang dapat di-refund atau bisa melakukan pergantian hari guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk menyiapkan budget sebelum melakukan traveling, Kenny biasanya menyisihkan 20 persen pendapatannya untuk berwisata setelah membayar seluruh kewajiban bulanan.

“Jadi aku juga mau menyenangkan diri sendiri. Jadi kelebihannya aku pakai juga buat jalan-jalan,” tutup Kenny.

Baca juga: Rahasia bepergian hemat ke luar negeri

Baca juga: Tips melancong seorang diri

Baca juga: Rekomendasi wisata libur sekolah versi Sandiaga Uno


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022