Bola Basket

Putri Indonesia sisihkan Korsel dalam Piala FIBA Asia 3x3

Putri Indonesia sisihkan Korsel dalam Piala FIBA Asia 3x3

Pemain tim nasional bola basket 3x3 putri Indonesia Dyah Lestari (kiri) berebut bola dengan pebasket Lee So-jung dalam pertandingan Grup C kualifikasi Piala FIBA Asia 3x3 2022 di Singapura, Rabu (6/7/2022). (ANTARA/HO-FIBA)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket 3x3 putri Indonesia sukses menyisihkan Korea Selatan lewat kemenangan 15-11 dalam pertandingan Grup C fase kualifikasi Piala FIBA Asia 3x3 di Singapura, Rabu.

Kemenangan itu praktis memastikan Indonesia memuncaki Grup C fase kualifikasi dan berhak tampil di babak utama.

Pasalnya lawan lainnya di Grup C, Iran, mundur dari kompetisi, sehingga Indonesia membukukan dua kemenangan dan memuncaki klasemen akhir Grup C.

Baca juga: Perbasi panggil enam pemain untuk FIBA 3x3 Asia Cup

Mengutip laman resmi FIBA, Indonesia lolos ke Pools B babak utama berbagi grup dengan Jepang dan tuan rumah Singapura.

Menghadapi Korsel, Indonesia mengawali pertandingan dengan trio Kimberley Pierre-Louis, Agustin Gradita Retong, dan Dyah Lestari.

Meski Kimberley mencetak poin pertama pertandingan lewat tembakan di bawah ring, Korsel langsung menjawabnya lewat lemparan luar busur Kim Hyeo-na untuk membalikkan keadaan 2-1.

Semenit berlalu tanpa perubahan skor, Korsel kemudian mampu memanfaatkan kelengahan Indonesia saat Lee So-jung mengirim umpan matang yang bisa diselesaikan sempurna oleh Park Eun-seo untuk menambah keunggulan 3-1.

Marjin keunggulan dua poin mampu dipertahankan Korsel hingga separuh waktu pertandingan, hingga mereka menjauh lewat tembakan dua angka Park Eun-soo pada sisa waktu tiga menit 15 detik demi mengubah kedudukan jadi 11-6.

Korsel yang tampak berada di atas angin justru dihadapkan pada tugas berat untuk menjaga keunggulan mereka di tengah momentum kebangkitan Indonesia.

Baca juga: Derrick Michael akui Marques Bolden punya peran penting bagi Indonesia

Dyah dilanggar oleh Kim Hyeo-na dan mendapatkan dua kesempatan lemparan bebas pada sisa waktu dua menit 42 detik, yang keduanya mampu ia konversi untuk memperkecil ketertinggalan 8-11 dari Korsel.

Dyah melesakkan tembakan dua angka lagi yang kemudian disusul lemparan midrange Kimberley dan Indonesia sukses menyamakan kedudukan 11-11 pada sisa waktu satu menit 42 detik.

Tangan dingin Dyah berlanjut dan ia sukses melesakkan tembakan dua angka lagi pada sisa waktu satu menit 25 detik demi membawa Indonesia berbalik memimpin 13-11 atas Korsel.

Indonesia kemudian menyajikan pertahanan yang ketat di sisa waktu yang ada dan Kimberley menyumbangkan dua tembakan jarak dekat lagi untuk mengunci kemenangan 15-11.

Di babak utama nanti, Indonesia akan lebih dulu menghadapi Jepang pada Jumat (8/7) sekira pukul 13.00 WIB, diikuti bertemu Singapura sekira satu setengah jam kemudian.

Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan dari kedua laga itu untuk bisa melanjutkan langkah ke babak perempat final nantinya.

Baca juga: Marques Bolden 100 persen fit untuk Piala FIBA Asia 2022

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar