Jakarta (ANTARA) - Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Pujo Harinto mengatakan lima dari 10 prinsip pemasyarakatan sejalan dengan keadilan restoratif.

"Pada dasarnya restorative justice itu sudah ada di pemasyarakatan sejak lama," kata Pujo Harinto di Jakarta, Rabu.

Lima prinsip pemasyarakatan tersebut ialah ayomi dan berikan bekal hidup agar mereka (narapidana) dapat menjalankan perannya sebagai warga masyarakat yang baik dan berguna (pemulihan).

Baca juga: MA ingatkan keadilan restoratif harus kedepankan prinsip kehati-hatian

Kedua, penjatuhan pidana tidak lagi didasari oleh latar belakang pembalasan. Ketiga, memberikan bimbingan bukan penyiksaan agar narapidana bertobat. Keempat, negara tidak berhak membuat narapidana menjadi lebih buruk atau lebih jahat dari sebelum dijatuhi pidana.

Kelima, selama narapidana kehilangan (dibatasi) kemerdekaan bergeraknya, maka narapidana dan anak didik tidak boleh diasingkan masyarakat.

Ditjenpas, kata dia, mengadopsi kebijakan yang berkaitan dengan keadilan restoratif dari standar minimum rules pada tahun 1964, tepatnya 27 April pada Konferensi Lembang.

Baca juga: Kemitraan: Perlu standardisasi implementasi keadilan restoratif
Baca juga: Kemenkumham susun pedoman keadilan restoratif narapidana dewasa


Bahkan, merujuk pada Pasal 1 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Sistem Pemasyarakatan, disebutkan bahwa sistem pemasyarakatan adalah suatu tatanan mengenai arah, batas, dan cara pembinaan warga binaan pemasyarakatan berdasarkan Pancasila.

Hal tersebut, katanya. dilaksanakan secara terpadu antara pembina, yang dibina, dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas warga binaan pemasyarakatan.

"Intinya agar mereka dapat hidup secara wajar di tengah masyarakat," ujar Pujo.

Oleh karena itu, sambung dia, keadilan restoratif sudah sejalan dengan proses reintegrasi sosial yang diterapkan pemasyarakatan.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022