Mekkah (ANTARA) - Jamaah calon haji melakukan berbagai aktivitas untuk mengisi waktu menjelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) mulai dari mencuci kain ihram hingga istighosah.

Seperti jamaah di hotel Arkan Bakkah sektor 1 Mahbas Jin, yang dihimpun Media Center Haji di Mekkah, Rabu, mereka melaksanakan istighosah atau doa bersama usai shalat berjamaah.

Ada pula yang mencuci kain ihram untuk dipakai saat wukuf dan rangkaian haji di Muzdalifah hingga Mina.

Pasangan suami istri Erik Wahyudi (40) dan Istianah Agustin (40) asal Pasuruan yang tergabung dalam kloter 16 Embarkasi Surabaya (SUB 16) menyatakan di KBIH ada yang istighosah, shalat jamaah di masjid terdekat, makan bersama suami istri.

Baca juga: Cak Imin: Kesehatan dan transportasi perlu diantisipasi saat Armuzna

Baca juga: Menag: Arafah jauh lebih nyaman dibanding haji sebelumnya


Selain mencuci bersama, pasangan itu juga sudah menyiapkan kacamata, baju ganti, bekal seperti roti, makanan ringan serta obat-obatan ke Armuzna nanti.

"Insya Allah, dimudahkan diberikan kelancaran ibadah kami," katanya.

Begitu juga dengan pasangan Erlina (39) dan Idam Susanto (50) dari kloter 25 SUB. Masa-masa tenang menjelang puncak haji juga diisi dengan mencuci bersama.

Menurut Idam, mencuci bersama sang istri menjadi momen spesial yang menggembirakan, karena di Tanah Air ia disibukkan dengan pekerjaan sehingga tidak bisa melakukan aktivitas itu bersama-sama.

Untuk persiapan di Armuzna sendiri, mereka banyak berdoa agar ibadah dan puncak haji berjalan lancar.

"Ya, banyak doa, semoga semuanya bisa bahagia dunia akhirat, umur barokah, sabar ikhlas, hadapi ujian, sakinah mawadah warahmah sampai tua, kalau ada rezeki banyak bisa ke sini lagi," kata Idam.

Selain mencuci bersama, jamaah juga banyak yang mengisi waktu dengan mengobrol bersama jamaah lainnya dan sebagian juga berbelanja berbagai barang untuk oleh-oleh.*

Baca juga: jamaah safari wukuf jadi 119 orang

Baca juga: Tim kesehatan kampanyekan istirahat hadapi puncak haji di Armuzna

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022