Jakarta (ANTARA) - Indonesia untuk kali pertama bakal menjadi tuan rumah turnamen golf putri Simone Asia Pacific Cup 2022 di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, 18-20 Agustus.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Golf Seluruh Indonesia (PB PGI) Murdaya Po mengatakan Indonesia menjadi satu-satunya negara yang menyelenggarakan turnamen golf putri tersebut di luar Korea Selatan (Korsel).

Lebih spesial lagi, Simone Asia Pacific Cup 2022 yang memperebutkan total hadiah 750 ribu dolar AS (sekitar Rp11 miliar) juga merupakan ajang yang masuk dalam rangkaian Ladies Asian Tour (LAT) Series 2022.

"Kami berharap dengan adanya turnamen LAT pertama di Indonesia dapat memicu semangat para pegolf putri di Tanah Air," kata Murdaya Po dalam konferensi pers di Pondok Indah Golf Course, Rabu.

Simone Asia Pacific merupakan turnamen yang diikuti pegolf yang akan turun pada nomor perseorangan dan tim mewakili negara.

Total 20 tim dari 16 negara akan bersaing yakni Korea Selatan, Jepang, Thailand, Australia, Selandia Baru, Taiwan, Myanmar, Amerika Serikat, dan Hong Kong.

Selain itu ada juga China, India, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Deretan bintang golf putri yang bersaing di Ladies Professional Golf Association (LPGA) Tour juga dipastikan hadir, di antaranya adalah Lydia Ko asal Australia yang merupakan mantan pegolf putri nomor satu dunia.

Selain itu ada juga Yealimi Noh (Amerika Serikat), Shi Yuting (China), dan sejumlah nama lainnya yang bersaing di LPGA Tour.

Sementara Indonesia akan menurunkan Tatiana Wijaya, Dea Mahendra, Putri Aisyah Amani, dan Ida Ayu Melati Putri. Sebagai tuan rumah, Indonesia juga mendapat dua tempat untuk pegolf amatir yang akan bersaing.

"Semoga akan makin banyak perempuan yang tertarik berprofesi sebagai pegolf profesional dan berani berkompetisi di turnamen-turnamen profesional," kata Murdaya Po.

Sekadar informasi, Indonesia kali terakhir menggelar ajang golf profesional untuk putri bertajuk Ladies Indonesia Open 2012.

Baca juga: Turnamen golf Indonesia Open kembali bergulir setelah dua tahun absen
Baca juga: Jonathan dan Elaine menangi Intercollegiate Golf Series di Surabaya

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022