Depok (ANTARA) - Rumah Sakit Kesehatan Gigi dan Mulut (RSKGM) Universitas Indonesia (UI) ditargetkan menjadi rumah sakit yang berkelas internasional.

"Agar berbagai rencana strategis yang digariskan mampu terwujud dengan sempurna. Target RSKGM tidak hanya menjadi pusat pendidikan dan rumah sakit rujukan nasional saja, namun dapat berkembang menjadi rumah sakit berkelas internasional," kata Direktur RSKGM, periode 2022-2026 drg. Yudy Ardilla Utomo, Sp.BM(K) dalam keterangannya, Rabu.

Untuk itu drg. Yudi yang baru saja dilantik mengajak semua pemangku kepentingan (baik internal maupun eksternal) dapat bekerja sama, saling dukung, serta meningkatkan komunikasi dan kolaborasi.

Dekan FKG UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc, Sp.Ort(K) berharap, pejabat yang diberikan amanah dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik, serta selalu berpegang teguh pada nilai-nilai kepemimpinan, yaitu menjaga integritas dan profesionalisme, membangun komunikasi dan sinergi yang baik dengan semua pihak serta senantiasa berinovasi sebagai upaya perbaikan dan pengembangan di segala bidang.

Baca juga: Wapres tinjau vaksinasi COVID-19 di RSKGM FKG UI

Baca juga: UI tambah sentra vaksinasi di RSKGM di Kampus Salemba


Sehingga, keberadaan RSKGM sebagai bagian dari Academic Health System (AHS) mampu berkontribusi bagi kemajuan Ilmu Kedokteran Gigi dan pelayanan kesehatan gigi di Indonesia. Dekan FKG UI suarakan rasa optimisnya dengan status RSKGM sebagai Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM).

Hal ini diharapkan dapat mempermudah manajemen RSKGM dalam mengakselerasi berbagai bidang seperti perumusan kebijakan, pengembangan inovasi, tata kelola keuangan serta peningkatan kerja sama kemitraan.

RSKGM FKG UI merupakan pusat rujukan pelayanan dan asuhan kedokteran gigi di Indonesia, yang memiliki fasilitas layanan yang terdiri dari Paviliun Khusus, Klinik Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS), dan Klinik Integrasi.

Paviliun Khusus merupakan klinik swadana yang memberikan pelayanan umum dan spesialistik secara komprehensif dan profesional.

Sementara itu, Klinik PPDGS merupakan klinik pendidikan untuk tingkat spesialistik dan Klinik Integrasi merupakan pelayanan klinik pendidikan yang dilakukan oleh peserta pendidikan profesi dokter gigi di bawah supervisi dokter gigi konsulen.*

Baca juga: FKG UI selenggarakan operasi celah bibir perdana

Baca juga: RSKGM FKG UI berikan layanan vaksinasi COVID-19

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022