"Kebetulan saya berangkat haji 2019, tidak seperti ini dan masih desak-desakan dan belum ada keramik di bawahnya. AC juga jauh lebih dingin dibandingkan terakhir saya haji 2019,"
Mekkah (ANTARA) - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tenda di Mina pada musim haji 1443 H/2022 M jauh lebih baik dibandingkan penyelenggaraan haji pada tahun 2019.

"Dari sisi tenda jamaah saya kira sudah representatif, artinya jauh lebih baik dari terakhir 2019," kata Menag saat meninjau tenda misi haji di Mina, Rabu.

Dia membandingkan saat haji 2019, tenda di Mina lantainya belum keramik, sedangkan sekarang sudah dipasang keramik sehingga lebih nyaman.

Begitu juga dengan pendingin udara jauh lebih dingin dibandingkan sebelumnya.

"Kebetulan saya berangkat haji 2019, tidak seperti ini dan masih desak-desakan dan belum ada keramik di bawahnya. AC juga jauh lebih dingin dibandingkan terakhir saya haji 2019," kata Yaqut.

Di tenda di Mina, Menag juga sempat mencoba berbaring di kasur busa dan memakai selimut.

"Ini AC nya dingin, langsung ke muka," kata Menag. Dari penunjuk suhu menunjukkan 25 derajat Celsius.

Isu lain yang selalu muncul di Mina adalah terkait toilet. Saat ini tersedia masing-masing 10 toilet laki-laki dan perempuan sehingga tersedia total 20 toilet per maktab.

"Saya menyaksikan toilet ini lebih baik dari yang dulu. Kalau dulu nilai D sekarang B lah atau B+ karena sudah ada yang lebar sedikit. Ini saya tidak tahu apa disediakan untuk yang lebih sepuh mungkin untuk jamaah difabel," katanya.

Menurut dia yang berbeda toilet saat ini sudah dipoles dengan baik, begitu pula dengan airnya sudah lebih baik.

Jamaah haji akan bermalam di Mina pada 10 Dzulhijjah setelah sebelumnya wukuf di Arafah dan di Muzdalifah.
Baca juga: Menag jadwalkan bertemu Menteri Saudi bahas layanan RS kepada jamaah
Baca juga: Menag: Jamaah diganti uang 15 Riyal jika makanan basi
Baca juga: Menag: Arafah jauh lebih nyaman dibanding haji sebelumnya

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022