Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen tidak berniat mengontrak pemain Manchester United Cristiano Ronaldo musim panas ini dan CEO Oliver Kahn menyatakan merekrut pemain berusia 37 tahun itu tidak "sesuai dengan filosofi kami."

Sumber-sumber ESPN menyebutkan Ronaldo sudah memberi tahu bos-bos United bahwa dia ingin pindah dalam jendela transfer musim panas ini. Bayern, Chelsea dan Napoli disebut-sebut sebagai tujuan potensial Ronaldo.

Tapi, menurut Kahn, Bayern tidak akan mengajukan penawaran untuk mendapatkan legenda Portugal itu.

"Setinggi saya menilai Cristiano Ronaldo sebagai salah satu yang terbesar, transfer tak akan sesuai dengan filosofi kami," kata dia kepada majalah Jerman Kicker.

Baca juga: Cristiano Ronaldo dilaporkan ingin tinggalkan Manchester United
Baca juga: Lothar Matthaus minta Bayern Muenchen boyong Cristiano Ronaldo


Lini serang Bayern sejak lama dipimpin oleh Robert Lewandowski yang produktif, namun pemain berusia 33 tahun itu sudah mengatakan ingin meninggalkan Allianz Arena musim panas ini.

Sumber-sumber ESPN menyebutkan pekan lalu Barcelona sudah memasukkan tawaran ketiga untuk Lewandowski senilai lebih dari 40 juta euro. Kahn terang-terangan menyatakan striker Polandia itu tidak akan dijual.

United sendiri menegaskan Ronaldo yang musim lalu mencetak 24 gol, tidak tersedia dalam pasar transfer, sementara manajer baru Erik ten Hag "ingin dan mengharapkan" dia menjadi bagian dari skuadnya.

Baca juga: Robert Lewandowski tetap ingin tinggalkan Bayern Muenchen

Namun, sejumlah sumber mengatakan kenyataannya sikap itu melunak meskipun mereka lebih memilih Ronaldo pindah ke luar negeri ketimbang bergabung dengan Chelsea. Ronaldo masih terikat kontrak satu tahun di Old Trafford dengan opsi satu tahun lagi.

Ronaldo ingin terus bermain dalam Liga Champions dan bersaing mendapatkan anugerah utama dalam tahap akhir karirnya. United gagal lolos ke kompetisi teratas Eropa dan kembali harus membuat awal baru di bawah Ten Hag.

Ronaldo semestinya memulai latihan dengan para pemain United lainnya di Carrington pada Senin tetapi diberi izin oleh klubnya untuk mengambil istirahat panjang karena "alasan keluarga."

Skuad Manchester United dijadwalkan terbang ke Bangkok esok Jumat namun Ten Hag belum tahu apakah Ronaldo berencana berlatih di Manchester pekan ini atau akan mengikuti tur pramusim.

Baca juga: Sebastien Haller tuntaskan kepindahan dari Ajax ke Dortmund
Baca juga: Sadio Mane, kudeta Bundesliga terhadap Liga Inggris

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022