Risiko resesi AS secara berkala akan melemahkan dolar, tetapi tekanan biaya energi Eropa merupakan ancaman yang lebih besar terhadap prospek pertumbuhan zona euro
Tokyo (ANTARA) - Euro melayang di dekat level terendah dua dekade terhadap dolar AS di perdagangan Asia pada Kamis pagi, karena kesengsaraan energi Eropa membayangi prospek ekonomi.

Euro hampir datar di 1,01845 dolar setelah tenggelam serendah 1,01615 dolar pada Rabu (6/7/2022), untuk pertama kalinya sejak akhir 2002.

Indeks dolar - yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya termasuk euro, sterling, dan yen - bertahan dekat dengan puncak 20-tahun di 107,27 yang dicapai semalam, terakhir berpindah tangan di 107,03.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan negara harus bergerak lebih cepat dalam transisi energi hijau ketika Rusia menggunakan energi sebagai senjata politik di tengah perang di Ukraina.

Baca juga: Harga minyak anjlok, terseret meningkatnya kekhawatiran resesi global

"Risiko resesi AS secara berkala akan melemahkan dolar, tetapi tekanan biaya energi Eropa merupakan ancaman yang lebih besar terhadap prospek pertumbuhan zona euro," tulis ahli strategi Westpac dalam catatan klien.

"Tren naik jangka menengah DXY (indeks dolar) yang lebih luas kemungkinan akan bertahan beberapa saat, dengan ruang untuk pelonggaran lebih lanjut perkiraan untuk pengetatan kebijakan ECB."

Awan yang menebal di atas ekonomi Eropa datang tepat ketika Bank Sentral Eropa bersiap untuk menaikkan biaya pinjaman untuk pertama kalinya sejak 2011.

Sementara itu Federal Reserve (Fed) AS telah menaikkan suku bunga secara agresif, dan risalah pertemuan Juni - ketika pembuat kebijakan diperketat sebesar 75 basis poin, terbesar sejak 1994 - mengungkapkan kekhawatiran mereka bahwa inflasi yang memburuk akan menghapus kepercayaan pada kemampuan Fed untuk mengendalikannya.

Baca juga: Rupiah dibuka menguat, dibayangi kebijakan agresif Bank sentral AS

Investor telah bertaruh untuk kampanye pengetatan agresif yang berkepanjangan sejak pertemuan itu, karena kekhawatiran resesi berkobar, tetapi data semalam menunjukkan lowongan pekerjaan AS turun kurang dari yang diharapkan pada Mei, menunjuk ke pasar tenaga kerja yang masih ketat yang dapat membuat Fed tetap ofensif.

Rilis ekonomi utama AS berikutnya adalah laporan pekerjaan untuk Juni pada Jumat (8/7/2022). Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pengusaha telah menambahkan 268.000 pekerjaan non pertanian selama bulan tersebut.

Imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun merosot ke 2,904 persen di perdagangan Tokyo pada Kamis pagi dari setinggi 2,935 persen semalam, ketika imbal hasil juga jatuh ke level terendah lebih dari satu bulan di 2,746 persen karena sinyal yang bertentangan mengenai prospek kebijakan.

Nilai tukar dolar-yen, yang sangat sensitif terhadap perubahan imbal hasil jangka panjang AS, turun 0,07 persen menjadi 135,79 yen, berkonsolidasi di sekitar level itu setelah mundur dari tertinggi 24 tahun di 137,00 pada akhir bulan lalu.

Baca juga: Dolar kian menguat dan Euro jatuh ke terendah dua dekade

Analis memperkirakan pasangan ini akan tetap di atas 130 pada akhir tahun, meskipun hanya tujuh dari 61 responden yang memperkirakan pasangan ini akan lebih lemah dari sekarang, dengan empat di antaranya memprediksi lonjakan ke 140, jajak pendapat Reuters menunjukkan.

Sterling mendekam di dekat palung dua tahun dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berjuang untuk mempertahankan jabatannya di tengah pemberontakan yang meningkat di dalam partainya.

Investor juga mencerna komentar seimbang dari Kepala Ekonom Bank Sentral Inggris Huw Pill, yang mengatakan dia bersedia untuk meningkatkan laju kenaikan suku bunga tergantung pada data ekonomi, tetapi lebih memilih pendekatan dengan "tenang" untuk "satu kali langkah berani, " yang bisa "mengganggu."

Sterling sedikit berubah pada 1,1924 dolar, setelah penurunan semalam ke level terendah sejak Maret 2020 di 1,1877 dolar.

Baca juga: Dolar bertahan kuat di Asia, kekhawatiran resesi pukul euro dan pound

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022