Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara ASEAN Para Games 2022 (INASPOC) membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi sukarelawan atau volunteer untuk pesta olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Dalam keterangan resmi Kemenpora di Jakarta, Kamis, pendaftaran program volunteer dibuka mulai hari ini hingga 10 Juli mendatang.

Terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon sukarelawan untuk ajang yang akan bergulir di Provinsi Jawa Tengah pada 30 Juli-6 Agustus tersebut.

Pertama, calon sukarelawan harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik aktif maupun pasif.

Kedua, memiliki semangat tinggi dan bersedia menjaga perilaku sepanjang sebelum hingga pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 berlangsung.

Ketiga, mampu bekerja gesit baik secara individu maupun bersama tim. Lalu keempat, calon volunteer harus mampu berkomunikasi lancar dengan banyak pihak.

Baca juga: INASPOC matangkan persiapan ASEAN Para Games 2022

Kelima, INASPOC mengutamakan bagi calon sukarelawan yang berpengalaman sebagai volunteer pada single maupun multievent tingkat nasional dan internasional.

Kemudian, keenam ada persyaratan khusus lainnya sesuai dengan divisi penempatan. Ketujuh, calon sukarelawan bersedia mengikuti program pelatihan sebelum ditempatkan pada divisi yang terkait. Terakhir, penyelenggara mengutamakan calon sukarelawan yang berdomisili di Solo dan sekitarnya.

Bagi masyarakat yang berminat bergabung menjadi sukarelawan, bisa mendaftar melalui laman resmi https://apg2022.com/. Kemudian pilih section volunteer atau langsung mengunjungi http://registrasi.vapg2022.com/ dan mengunggah berbagai dokumen persyaratan.

Seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, Sertifikat Vaksin COVID-19 minimal dosis ke-2, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), pas foto, foto full badan, kartu asuransi/BPJS (jika ada), NPWP, dan ijazah pendidikan.

Baca juga: Indonesia incar 105 emas demi juara umum ASEAN Para Games 2022

ASEAN Para Games 2022 merupakan pesta olahraga terbesar atlet disabilitas edisi ke-11 dan akan berlangsung Provinsi Jawa Tengah (Kota Solo, Kota Semarang, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Karanganyar).

Selain Indonesia sebagai tuan rumah, ajang ini diikuti 10 negara lainnya di kawasan ASEAN yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Atlet akan bersaing pada 14 cabang olahraga meliputi blind judo, para-bulu tangkis, para-tenis meja, para-catur, para-panahan, para-atletik, boccia, powerlifting, para-renang, tenis kursi roda, bola basket kursi roda, goalball, CP football, dan bola voli duduk.

Baca juga: INASPOC: 1.800 peserta APG mulai tiba di Solo pada 26 Juli
Baca juga: BNPB peringatkan lonjakan kasus COVID-19 saat ASEAN Para Games 2022
Baca juga: Kemenkes pastikan kesiapan pelayanan kesehatan untuk ASEAN Para Games

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022