Total kehadiran adalah 447 orang secara fisik dan sekitar 82 orang akan hadir secara virtual
Jakarta (ANTARA) - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo menyebutkan terdapat 69 delegasi yang mengonfirmasi kehadiran dalam 3rd Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) dan Finance and Central Bank Deputies Meetings (FCBD) di Indonesia dari 71 delegasi.

Jumlah tersebut meliputi delegasi dari negara-negara anggota G20 dan negara tamu, serta beberapa organisasi internasional yang diundang.

"Total kehadiran adalah 447 orang secara fisik dan sekitar 82 orang akan hadir secara virtual," ucap Dody dalam media briefing secara virtual di Jakarta, Kamis.

Jika dilihat dari negaranya, ia mengungkapkan hanya terdapat satu negara anggota G20 yang akan hadir secara virtual yakni China. Sementara sisanya akan hadir secara fisik.

Baca juga: Presiden optimistis pertemuan FMCBG rumuskan langkah konkret

Adapun 3rd G20 FCBD akan dilakukan pada tanggal 13-14 Juli 2022 di Bali, Indonesia. Sedangkan 3rd G20 FMCBG akan diselenggarakan pada 15-16 Juli 2022 di tempat yang sama.

Dody menjelaskan pertemuan pekan depan akan membahas lebih lanjut berbagai kesepakatan yang telah diambil dalam pertemuan G20 di Indonesia sebelumnya, sehingga nantinya sebagian besar hasil kesepakatan tersebut akan disampaikan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

"Dalam 3rd G20 FMCBG dan FCBD, yang akan disampaikan lebih kepada laporan internal atau intern report dari yang sudah dilakukan khususnya dilakukan lembaga internasional," tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan laporan yang dimaksud kurang lebih terkait dengan kesehatan global yang telah mencapai kesepakatan besar pada pertemuan G20 sebelumnya, hingga dana untuk mengatasi permasalahan ekosistem hijau, kesehatan, dan neraca pembayaran.

Baca juga: Solusi global ala Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022