Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya kepada 12 penerima, yakni enam kepala daerah dan enam pegiat pemberdayaan keluarga dalam rangkaian puncak peringatan ke-29 Hari Keluarga Nasional (Harganas).

Penghargaan itu diberikan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 42/TK Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya, sebagaimana dibacakan Sekretaris Militer Presiden Marsda Tony Harjono dalam acara yang disiarkan langsung kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden dari Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara, Kamis.

"Menganugerahkan tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya kepada mereka yang nama dan jabatannya tersebut dalam lampiran keputusan ini sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam memberikan darma baktinya kepada negara dan bangsa Indonesia, sehingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain," demikian Sesmil Presiden membacakan keputusan tersebut.

Baca juga: Peringati Harganas ke-29, Presiden ajak sinergi penurunan stunting

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo yang turut hadir dalam puncak peringatan Harganas  menyebut penghargaan itu diberikan kepada mereka yang berprestasi dalam meningkatkan pembangunan keluarga bangga kencana serta inovasi-inovasi lain untuk percepatan penurunan stunting.

Ke-12 penerima anugerah Satyalencana Wira Karya tersebut adalah:

1. Bupati Tulang Bawang Barat, Lampung, Umar Ahmad
2. Bupati Lampung Barat, Lampung, Parosil Mabsus
3. Bupati Pesawaran, Lampung, Dendi Ramadhona Kaligis
4. Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Ruksamin
5. Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan
6. Wali Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Sopril Nurmansyah Prana Putra Sohe
7. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat, Andi Ruskati
8. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Yunita Siregar
9. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Andi Nirwana Sebbu
10. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Isnaniah
11. Ketua Tim Pelayanan Keluarga Berencana Rumah Sakit (PKBRS)RSUD Madiun, Jawa Timur, dr. Muhammad Nur SPOG, MM
12. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Jawa Tengah, Krisseptiana

Baca juga: Presiden akan hadiri puncak peringatan Harganas 2022 di Medan

Dalam kesempatan yang sama Kepala BKKBN juga menganugerahkan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru Sulawesi Selatan Hasnah Syam MARS.

Sementara itu BKKBN mewakili Indonesia menerima penghargaan kependudukan dari PBB atau United Nations Populations Award (UNPA) yang secara seremonial diserahkan oleh Perwakilan UNFPA untuk Indonesia Anjali Sen.

Tampak turut menghadiri puncak peringatan ke+29 Harganas adalah Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Baca juga: BKKBN beri penghargaan kepala daerah dan PKK pada Harganas 2022

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022