DKI buka gerai vaksinasi di JIS bantu masyarakat lengkapi vaksin

DKI buka gerai vaksinasi di JIS bantu masyarakat lengkapi vaksin

Seorang warga menerima vaksinasi penguat booster COVID-19 di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Rabu (6/7/2022). ANTARA/Ulfa Jainita/aa.

masyarakat yang akan melakukan shalat Idul Adha di JIS agar dalam kondisi sehat
Jakarta (ANTARA) -
Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta membuka gerai vaksinasi di Jakarta International Stadium (JIS) mulai Jumat (8/7) untuk membantu masyarakat melengkapi vaksin booster menjelang pelaksanaan salat Idul Adha di lokasi tersebut pada Minggu (10/7).

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyampaikan gerai vaksinasi tersebut menggunakan mobil keliling dengan disediakan sebanyak 1.000 dosis vaksin gratis per hari.
 
"Masyarakat yang mengikuti salat Id berjamaah dapat melengkapi vaksinnya mulai Jumat besok, agar saat hari H semua yang hadir sudah melakukan vaksin booster bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan wajib sudah vaksin kedua bagi anak usia 6-17 tahun. Sedangkan anak di bawah 6 tahun tidak disarankan ikut hadir," kata Widyastuti dalam keterangan di Jakarta, Kamis.
 
Untuk mengikuti program vaksinasi di JIS ini, masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk melakukan vaksin melalui aplikasi JAKI atau bisa datang langsung ke lokasi sesuai jadwal yang disiapkan yakni:
 
- Jumat, pukul 08.00-16.00 WIB di ramp barat dekat Halte Transjakarta sebanyak 1.000 dosis;
 
- Sabtu, pukul 08.00-16.00 WIB di ramp barat dekat Halte Transjkarta sebanyak 1.000 dosis;
 
- Minggu, pukul 05.00-12.00 WIB di ramp barat dan ramp timur sebanyak 2.000 dosis.
 
Selain di JIS, masyarakat juga bisa melakukan vaksinasi di layanan terdekat baik di puskemas, rumah sakit, Monas, taman, dan sentra vaksinasi lainnya.
 
Selain itu, diimbau bagi masyarakat yang akan melakukan shalat Idul Adha di JIS agar dalam kondisi sehat, tidak bergejala sakit, dan tidak sedang menjalani isolasi mandiri, serta memakai masker medis selama berada di lokasi acara.
 
"Masyarakat  disarankan mengambil air wudu di rumah untuk mengurangi antrean, kemudian membawa peralatan shalat sendiri, dan menyiapkan handphone untuk scan kode batang melalui aplikasi PeduliLindungi di lokasi acara," tuturnya.
 
Untuk memastikan kebersihan lokasi, dukungan juga dilakukan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta yang akan mengerahkan petugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh area JIS yang akan digunakan untuk melaksanakan shalat Idul Adha berjamaah.
Baca juga: DKI minta warga jaga prokes dan vaksin booster antisipasi COVID-19
Baca juga: Jakarta Pusat tingkatkan vaksin penguat di perkantoran
Baca juga: Kasus COVID-19 harian dengan kenaikan tertinggi terjadi di DKI Jakarta

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar