Tokyo (ANTARA) - Valuasi saham Asia turun untuk bulan ketiga berturut-turut pada Juni dan mencapai level terendah sejak awal pandemi, karena pasar ekuitas regional jatuh di tengah kekhawatiran atas resesi global dan kenaikan suku bunga agresif oleh bank-bank sentral utama.

Rasio price-to-earnings (P/E) - rasio harga saham terhadap laba per saham - 12-bulan ke depan indeks MSCI Asia-Pasifik berada di 12,1 pada akhir bulan lalu, yang merupakan penilaian termurah di kawasan itu sejak Maret 2020, data Refinitiv menunjukkan, Kamis.

"Kekhawatiran tentang penurunan peringkat laba dan kenaikan biaya modal telah menurunkan valuasi, meskipun perkiraan laba, kami rasa, hampir mencapai titik terendah," kata Manishi Raychaudhuri, ahli strategi ekuitas Asia-Pasifik di BNP Paribas.

Para analis menurunkan perkiraan laba 12 bulan ke depan indeks MSCI Asia-Pacific sebesar 2,97 persen pada Juni, dibandingkan dengan peningkatan 0,85 persen pada Mei.

Rasio P/E ekuitas Korea Selatan, Hong Kong dan Taiwan masing-masing berada di 8,48, 9,94 dan 10,02, terendah di kawasan ini.

Sementara itu, rasio P/E saham China melonjak menjadi 10,08 dari 9,38 bulan lalu, karena pembatasan COVID-19 mereda.

"Tidak seperti ekonomi global lainnya yang kami perkirakan akan melambat pada 2023, ekonomi/laba perusahaan China kemungkinan akan mengalami pemulihan yang dibantu oleh dukungan yang lebih besar dalam bentuk kebijakan fiskal/moneter," kata Nomura dalam sebuah laporan minggu ini.

Indeks Komposit Shanghai naik 6,66 persen bulan lalu, meskipun indeks MSCI Asia-Pasifik dan MSCI Dunia turun tajam masing-masing sebesar 6,78 persen dan 8,44 persen.

Rasio P/E untuk ekuitas India, Thailand dan Malaysia masing-masing berada di 18,02, 14,54 dan 13,71.

"Fakta bahwa estimasi laba Asia telah diturunkan, dan oleh karena itu cenderung relatif stabil relatif terhadap rekan-rekan mereka, meyakinkan kami bahwa penilaian 'terlihat murah' sebenarnya murah," kata Raychaudhuri dari BNP Paribas.

Baca juga: Saham Asia berakhir naik, investor pertimbangkan risiko resesi
Baca juga: IHSG ditutup menguat, ditopang meningkatnya cadangan devisa
Baca juga: Rupiah ditutup melemah ke Rp15.002 menyusul notula "hawkish" The Fed

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022