Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan akan berkoordinasi dengan pemda setempat untuk solusi pengasuhan tiga anak yang memiliki ayah disabilitas di Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

"Kami akan mengupayakan solusi yang terbaik bagi ketiga anaknya agar mereka mendapatkan pengasuhan terbaik dan terpenuhi hak tumbuh kembangnya. Kami koordinasikan dengan Pemkab Rote Ndao dan organisasi perangkat daerah seperti Dinas Sosial dan Dinas PPPA setempat," ujar Menteri Bintang saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Hal itu dikatakannya saat menceritakan kunjungannya ke keluarga Gasper Giri (70 tahun), seorang warga Desa Oenitas di Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, yang mengasuh tiga anaknya dalam kondisi mata tidak bisa melihat.

Istri Gasper sendiri sudah meninggal pada akhir 2021.

Menteri Bintang mengatakan sangat prihatin dengan beban yang ditanggung Gasper yang dalam kondisi fisik terbatas, namun harus menjadi orang tua tunggal.

Baca juga: Men PPPA: Gereja ramah anak berkontribusi lindungi dan penuhi hak anak

"Dengan kondisi kedua mata yang tidak bisa melihat, tentu saja berat sekali tantangan yang dihadapi oleh beliau sebagai orang tua tunggal dari ketiga anak-anaknya yang masih kecil," katanya.

Dalam kasus ini, kata Menteri PPPA, pemenuhan hak anak harus diutamakan agar anak bisa tetap mendapatkan pengasuhan terbaik dan tidak terlantar. Meskipun mertua Gasper sering berkunjung untuk membantu mengasuh cucu-cucunya, namun kondisi mertua yang sudah lansia, menurut Bintang, juga perlu mendapatkan perhatian khusus.

Menteri Bintang pun mengapresiasi kedekatan Gasper dengan anak-anaknya.

"Saya bersyukur anak-anak Gasper memiliki kedekatan dengan ayah mereka yang artinya mereka mendapatkan kasih sayang yang cukup untuk kesehatan mental mereka. Namun kami akan tetap bekerja sama dengan pemda agar dilakukan asesmen sebagai dasar untuk menentukan langkah selanjutnya bagi kepentingan terbaik anak," kata Bintang.

Gasper diketahui memiliki tiga anak yang masing-masing berusia 6 tahun, 3 tahun dan yang bungsu baru berusia 8 bulan.

Baca juga: Polri didorong percepat bentuk direktorat pelayanan perempuan dan anak

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022