Dalam dua tahun terakhir, kita dapat melihat kesenjangan ini lebih jelas sebagai efek dari pandemi COVID-19. Hal itu memungkinkan mereka yang dekat dengan dunia digital dapat melanjutkan operasionalnya melalui e-commerce misalnya, sedangkan yang tida
Jakarta (ANTARA) - Ketua Gugus Tugas Digitalisasi B20 (B20 Digitalization Task Force Chair) Ririek Adriansyah mengatakan bahwa gugus tugas yang dipimpinnya akan fokus untuk mengatasi kesenjangan digital yang akan dibawa pada Forum B20, di mana Indonesia menjadi Presidensi G20.

"Dalam dua tahun terakhir, kita dapat melihat kesenjangan ini lebih jelas sebagai efek dari pandemi COVID-19. Hal itu memungkinkan mereka yang dekat dengan dunia digital dapat melanjutkan operasionalnya melalui e-commerce misalnya, sedangkan yang tidak memiliki kemampuan harus menutup usahanya," kata Ririek pada seminar web B20-G20 Dialogue, Kamis.

Ririek memaparkan, kesenjangan digital mengacu pada kesenjangan pertumbuhan antara mereka yang menikmati inklusi ekonomi digital dan ekosistem, serta mereka yang berada di luar realitas digital.

Dalam konteks tersebut, lanjut Ririek, Gugus Tugas Digitalisasi B20 ingin memastikan bahwa digitalisasi dapat mendorong pertumbuhan di masa depan, serata memastikan untuk dapat memecahkan kesenjangan digital, yang pada akhirnya terjadi transformasi digital yang inklusif.

"Dengan kata lain, kami memiliki tujuan untuk memastikan bahwa mereka yang tidak terampil secara digital, siap dinavigasi di era digital. Secara individu, terlepas dari jenis kelamin, atau status sosial ekonomi, hingga memiliki keterampilan dan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi digital," ujar Ririek.

Selain itu, lanjut Ririek, pemerintah disebut siap mendukung terkait inklusivitas digital tersebut untuk mendukung salah satu tujuan dari penyelenggaraan G20, yaitu mendorong inklusi digital untuk secara radikal mempercepat integrasi masyarakat pra-desa ke dalam ekonomi digital.

"Dalam kapasitas kami sebagai B20, kami memiliki tujuan untuk mengembangkan rekomendasi kebijakan dan mengadvokasi G20 tentang bagaimana kami berupaya dalam mengatasi tantangan global ini," ujar Ririek.

Dengan mempertimbangkan isu-isu tersebut, Ririek menyampaikan bahwa Gugus Tugas Digitalisasi B20 mendukung G20 dan empat rekomendasi utama.

"Pertama, mendorong konektivitas universal di mana kami memastikan untuk mendorong akses universal untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital dan layanan pemerintah memastikan inklusi dan menghilangkan kesenjangan digital," kata Ririek.

Kedua, mengusung terobosan untuk ekonomi digital yang berkelanjutan dan tangguh, dengan tujuan mempercepat pembangunan infrastruktur digital.

Ketiga, memastikan pola pikir siap digital untuk individu dan UMKM dan memungkinkan UMKM memiliki akses ke platform digital.

Terakhir, mempromosikan dan mengimplementasikan standar keamanan teknologi yang mendasari praktik yang mendukung upaya perusahaan untuk melindungi jaringan.

"Gugus Tugas Digitalisasi B20 mewakili suara persatuan lebih dari ratusan negara di antara negara G20. Namun, semua keberhasilan tergantung pada dukungan pemerintah G20 dan kami berharap G20 dapat membuat komitmen yang kuat terhadap rekomendasi kami," pungkas Ririek.

Baca juga: DEWG G20 berupaya atasi kesenjangan digital
Baca juga: Telkom pimpin Gugus Tugas Digitalisasi B20 Indonesia 2022
Baca juga: Butuh peran negara-negara G20 atasi kesenjangan digital

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022