Jakarta (ANTARA) - Pegiat sketsa sekaligus salah satu peserta KamiSketsa GalNas, Bambang Harsono menghadirkan karyanya dalam Pajang Karya KamiSketsa GalNas pada 7-28 Juli 2022 di Bilik KamiSketsa Galeri Nasional Indonesia.

Baca juga: "Gestur dan Ruang" pertemukan pegiat sketsa Kedsu dan Cak Likin

Dikuratori Teguh Margono dan Zamrud Setya Negara, Pajang Karya ini menampilkan lima belas sketsa pilihan dari sketsa-sketsa yang dibuat Bambang dengan referensi objek dari visual situasi atau dinamika ruang pada video-video blogger di YouTube.

Sketsa-sketsa hitam putih tersebut menggambarkan suasana keseharian di berbagai tempat yang menghimpun berbagai elemen interaktif manusia dengan lingkungannya; seperti manusia, pohon, binatang, gedung, kendaraan, dan sebagainya.

“Hanya dengan menggunakan spidol, garis-garis yang dibuat Bambang mampu membentuk karakter medium, kedalaman ruang, keriuhan suasana, dan juga kompleksitas objek yang direkamnya,” kata Teguh dalam keterangan resmi, Jumat.

Baca juga: Seniman Mr D sambut Hardiknas dengan pameran lukisan sketsa virtual

Menurut Zamrud, teknik, persepsi, serta prinsip-prinsip dasar sketsa tertata dengan sangat apik dalam karya-karya Bambang.

“Garis dan sekali tarikannya menjadi kekuatan utama yang sangat mendominasi pada visual sketsa-sketsanya. Tarikan garisnya spontan dan dinamis. Ritme detail dan komposisi tersusun dengan sangat berirama,” ungkap Zamrud.

Selain detail, Bambang juga menyematkan ruang kosong. “Detail dan ruang kosong menjadi komposisi dan ruang imajinasi penikmat sketsa,” ujar Bambang.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto, berharap karya-karya sketsa Bambang dapat menjadi media untuk mempelajari sketsa lebih dalam.

Baca juga: Sketsa wajah kekasih gelap Picasso akan dilelang

“Inti dari sketsa adalah garis, dan Bambang mampu menonjolkan garis-garis itu menjadi sketsa yang menghidupkan suasana objek,” kata Pustanto.

Lebih lanjut, Pustanto berharap publik yang mengapresiasi Pajang Karya KamiSketsa GalNas ini dapat lebih tertarik dengan sketsa, atau bahkan juga tertarik untuk menekuni sketsa dengan lebih profesional dan menjadi bagian dari para penggiat sketsa Indonesia.

Pajang Karya KamiSketsa GalNas: "Konsistensi Tarik Garis Bambang Harsono" dilengkapi dengan program publik berupa Workshop “Menangkap Impresi Penumpang Kereta” pada 21 Juli 2022 pukul 10.00 WIB di Bilik KamiSketsa GalNas. Lokakarya ini akan dipandu langsung oleh Bambang Harsono.

KamiSketsa GalNas merupakan sebuah program bimbingan edukasi yang dikemas dalam bentuk lokakarya, yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia sejak 12 Oktober 2017 bertepatan dengan Hari Nasional Museum Indonesia. Sebelum pandemi COVID-19, lokakarya KamiSketsa GalNas dilaksanakan setiap hari Kamis mulai pukul 09.00–15.00 WIB di Galeri Nasional Indonesia. Selama pandemi Covid-19, kegiatan KamiSketsa GalNas dilaksanakan melalui media daring.


Baca juga: Galeri Nasional gelar Festival Sketsa Indonesia "Sketsaforia Urban"

Baca juga: Bali akan jadi tuan rumah acara Sketsa Seni Internasional

Baca juga: Ada kelas belajar menggambar sketsa di Galeri Nasional

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022