Posisi saya wing back, jadi fisik sangat penting
Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Bek kanan Persija Ilham Rio Fahmi mengaku terus menyiapkan fisik untuk formasi tiga bek timnya di bawah asuhan pelatih Thomas Doll, yang membuat dia mengisi sektor bek sayap (wing back).

"Posisi saya wing back, jadi fisik sangat penting," ujar Ilham Rio di Nirwana Park, Depok, Kamis (7/7).

Menurut pemain berusia 20 tahun itu, di lapangan, seorang wing back mesti siap berlari naik-turun.

Baca juga: Doll: Persija turunkan kekuatan terbaik di Piala Indonesia

Andai tidak memiliki stamina yang oke, bek sayap akan keteteran menghadapi pemain melebar lawan yang berusaha masuk ke jantung pertahanan.

Untuk itulah, Ilham Rio menambah porsi latihan sendiri dalam skuad "Macan Kemayoran".

"Tentu saya menambah latihan sendiri. Tidak mungkin saya hanya mengandalkan latihan dengan tim karena saya membutuhkan tenaga ekstra," tutur pemain timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2021 itu.

Di Liga 1 Indonesia 2022-2023, Persija akan berhadapan dengan juara Liga 1 musim sebelumnya Bali United pada laga pembuka di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (23/7).

Terkait laga tersebut, Ilham Rio optimistis Persija dapat meraih hasil yang bagus karena dia menganggap kekuatan Bali United berbeda daripada musim 2021-2022.

"Saya melihat Bali United musim ini berbeda karena banyak pemain yang hengkang dari sana. Keberadaan pelatih Thomas Doll di Persija juga bisa memberikan perubahan ke arah lebih baik," kata dia.

Baca juga: Thomas Doll antusias sambut pertandingan malam Persija di Liga 1

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022