Jakarta (ANTARA) - Pengelola Taman Margasatwa Ragunan mengungkapkan, lebih 60.000 warga DKI Jakarta dan berbagai daerah telah mengunjungi objek wisata di Jakarta Selatan tersebut pada masa libur sekolah dan menjelang Idul Adha 1443 Hijriah.

"Musim liburan itu puncaknya tanggal 26 Juni kemarin ada lebih dari 62.000 karena hari Minggu," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Bambang mengatakan, kebanyakan pengunjung merupakan para keluarga yang menghabiskan waktu bersama untuk menikmati objek wisata itu.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung di hari-hari mendatang, pihaknya telah menyiapkan beberapa hal seperti lokasi parkir, petugas pelayanan serta adanya kewajiban vaksin dosis 1 bagi anak-anak dan vaksin dosis 2 bagi orang dewasa.

Dia menegaskan, satwa yang berada di Taman Margasatwa Ragunan sudah bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Pihaknya menyiapkan lima dokter hewan dan para petugas medis untuk mengecek kesehatan satwa secara rutin.

Pemeriksaan kesehatan rutin satwa di Ragunan meliputi pemeriksaan laboratorium hingga pemberian nutrisi agar daya tahan tubuh tetap terjaga dari segala penyakit.

"Ragunan juga selalu rutin memeriksa kesehatan satwa dengan pengecekan feses di laboratorium, pemberian vitamin dan nutrisi agar daya tahan tubuh terjaga," tuturnya.
Baca juga: Libur Waisak, 31.206 pengunjung padati Ragunan
Baca juga: 45 ribu orang diperkirakan kunjungi Taman Margasatwa Ragunan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022