Jakarta (ANTARA) - Dinas Bina Marga DKI Jakarta memastikan mulai akhir Juli mendatang pengunjung Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat, sudah bisa menikmati trotoar yang ada di kawasan tersebut secara aman dan nyaman.

"Ini pengerjaan sudah sampai 90 persen, jadi diperkirakan akhir Juli ini trotoar sudah bisa dipakai," kata Sub Koordinator Urusan Pembangunan dan Peningkatan Kelengkapan Jalan pada Dinas Bina Marga Jakarta, Sigit Widodo saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Sigit mengatakan, proyek revitalisasi ini dilakukan agar kawasan Kota Tua memiliki trotoar yang layak sehingga pejalan kaki bisa berjalan dengan aman dan nyaman.

Pengerjaan trotoar itu dilakukan di beberapa ruas jalan di antaranya Jalan Ketumbar, Jalan Kemukus dan Jalan Lada Dalam.

Total trotoar yang direvitalisasi sepanjang 2,11 kilometer (km) dengan lebar tiga meter. Trotoar itu akan dilengkapi dengan beberapa bangku, pepohonan, jalur sepeda hingga ubin pengarah untuk disabilitas (guiding block).

"Sejauh ini kita tinggal melakukan pengaspalan di Jalan Kemukus, pemasangan lampu penerangan dan menanam beberapa tanaman hias di beberapa titik," kata Sigit.

Sigit tidak merinci jumlah lampu jalan yang akan dipasang dan jumlah tanaman yang akan ditanam di sepanjang trotoar. "Untuk lampu penerangan itu sekitar ratusan buah," kata dia.

Sigit berharap proses pengerjaan revitalisasi bisa selesai tepat waktu sehingga warga bisa segera menikmati lawas Kota Tua dengan nyaman.
Baca juga: PKL Kota Tua setuju pindah ke lokasi binaan yang disediakan
Baca juga: Bina Marga DKI targetkan revitalisasi trotoar Kota Tua selesai Juli

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022