Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melakukan kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) untuk meningkatkan layanan penyeberangan.

Kerja sama tersebut diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi bersama Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono dan Direktur Utama PT Pelni Tri Handayani, serta disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Jumat (8/7).

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi menjelaskan bahwa kerja sama dengan Pelindo akan dilakukan melalui peningkatan layanan angkutan penyeberangan dengan memanfaatkan dermaga/pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo.

"Kerja sama ini masih pada sektor angkutan penyeberangan melalui pemanfaatan aset Pelindo di Surabaya dan Bitung," kata Ira.

Sementara itu, kerja sama dengan PT Pelni dilakukan melalui integrasi sistem penjualan tiket.

Menurut dia, dua online system ticketing akan diintegrasikan agar masyarakat pengguna jasa mudah dalam mengakses layanan sesuai kebutuhan.

"Memanfaatkan infrastruktur ticketing Pelni dan ASDP yang sudah sampai pelosok. Selain itu juga kalau disinergikan akan lebih murah karena tidak memerlukan proses yang berulang," ujarnya.

Menhub mengapresiasi sinergi ketiga perusahaan BUMN tersebut untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat, khususnya di sektor transportasi laut.

"Angkutan laut, penumpang dan logistik penting. Kita ingin pergerakannya efisien dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat untuk menggunakan angkutan penumpang atau barang," kata Budi Karya.

Menhub berharap agar sejumlah pelabuhan Pelindo dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan pelayaran ASDP maupun Pelni dalam memperlancar mobilitas masyarakat dan kegiatan rantai pasok barang di Tanah Air.

Ira menambahkan, kerja sama antara ASDP dengan Pelindo dan Pelni diharapkan mampu meningkatkan layanan untuk masyarakat, khususnya dalam puncak musim liburan.

Ira juga menyampaikan bahwa ASDP juga melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan agar penyelenggaraan angkutan dapat berjalan lancar dan selamat.

"Persiapan Angkutan Lebaran atau Natal dan Tahun Baru, kami sowan ke stakeholders, Kapolda Lampung, Banten, juga ke Korlantas dan Pemerintah Daerah," pungkasnya.

Baca juga: ASDP perluas kapasitas Pelabuhan Merak antisipasi lonjakan arus mudik
Baca juga: Kemenhub dan ASDP sosialisasi rencana pengoperasian lintas Jangkar
Baca juga: ASDP siap layani masyarakat Wakatobi dengan KMP Sultan Murhum II

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022