Lewat kurban online, daging kurban dapat didistribusikan hingga wilayah-wilayah pelosok utamanya 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam program "Kurban Online Baznas", sebagai upaya mewujudkan pemerataan distribusi daging kurban.

"Karena Kurban Online Baznas sangat memberi manfaat kepada banyak pihak, tak hanya penerima kurban saja," kata Direktur Pengumpulan Baznas RI Faisal Qosim di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan pada Kurban Online Baznas, hewan kurban dibeli langsung dari peternak binaan, disembelih, dan didistribusikan di desa agar peternak semakin berdaya secara ekonomi. Di sisi lain, mustahik dapat memenuhi kebutuhan gizi melalui daging kurban yang didistribusikan.

Selain itu, lewat kurban online, daging kurban dapat didistribusikan hingga wilayah-wilayah pelosok utamanya 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Dengan demikian dapat mewujudkan pemerataan distribusi daging kurban.

Baznas juga mengupayakan mengemas daging kurban dalam bentuk kaleng agar lebih menjangkau masyarakat yang ada di daerah 3T sekaligus terkait program mengentaskan masyarakat miskin dan stunting (kekerdilan pada anak).

"Pemerataan dan tepat sasaran pendistribusian daging kurban menjadi salah satu faktor semangat Baznas dalam menyelenggarakan Kurban Online Baznas," katanya.

Sementara perihal wabah penyakit kuku dan mulut (PMK), Baznas langsung melakukan upaya mitigasi guna mempersempit penyebaran wabah tersebut. Petugas Baznas yang langsung terjun ke peternak untuk melakukan pendampingan secara berkala.

Di samping itu, Baznas juga membatasi keluar masuknya ternak maupun orang ke lokasi Balai Ternak Baznas dan kandang peternak rakyat. Petugas juga rutin melakukan penyemprotan kandang, kendaraan, peralatan, dan perlengkapan kerja dengan desinfektan.

"Peternak binaan Baznas juga rutin memberikan pakan dan obat vitamin sehingga meningkatkan imunitas ternak dan melakukan koordinasi dengan dinas setempat untuk mencegah timbulnya wabah," demikian Faisal Qosim.

Baca juga: Baznas buat terobosan layanan kurban daring berbentuk kemasan

Baca juga: BAZNAS salurkan daging kurban hingga ke pelosok

Baca juga: BAZNAS sediakan layanan kurban daring

Baca juga: Kurban kini dapat dilakukan secara online

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022