Jakarta (ANTARA) - Pengurus Dewan Kesejahteraan Mesjid (DKM) At Taqwa Islamic Center Muhammadiyah Duren Sawit siap menggelar Shalat Idul Adha pada Sabtu besok.

Pengurus DKM At Taqwa Islamic Center Duren Sawit, Ustad John Henry mengatakan sudah mempersiapkan lapangan olahraga SMA Muhammadiyah 23 sebagai lokasi Shalat Idul Adha.

Baca juga: Masjid At-Tin sembelih hewan kurban usai shalat Idul Adha

"Kita antisipasi jika nanti banyaknya jamaah yang datang jadi digelar disini (lapangan olahraga) dan dimulai sekitar pukul 06.30 WIB," ujar Ustad John Henry di Jakarta, Jumat.

John memperkirakan jumlah jamaah yang menunaikan Shalat Id akan banyak karena ada perbedaan waktu penetapan Idul Adha.

“Kemungkinan banyak yang datang, mungkin karena di daerahnya Shalat Idul Adha pada Ahad (Minggu), jadi kita antisipasi saja, “ tuturnya.

John menambahkan At Taqwa Islamic Center Muhammadiyah juga melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari yang sama setelah Shalat Idul Adha.

John menuturkan telah mempersiapkan skema pembagian daging hewan kurban kepada masyarakat dengan memberikan kupon.

Baca juga: Masjid Al Azhar tampung 12 ribu jamaah Shalat Idul Adha

"Kita sudah kirimkan kupon untuk para penerima, nanti setelah pemotongan mereka bisa datang mengambil sesuai waktu dan nomor urutnya, " ucap Ustad John.

Untuk pembagian daging kurban, John menyebutkan panitia memprioritaskan pembagian kepada staf pengajar dan staf pengurus sekolah, serta masyarakat sekitar sekolah.

“Kita prioritaskan guru, murid dan warga sekitar, Insya Allah ada enam  RT yang sudah kita berikan kupon, “ ungkapnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Idul Adha jatuh pada Minggu mendatang.

Namun Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, juga telah menetapkan Idul Adha jatuh pada hari Sabtu sesuai dengan perhitungan yang telah dilakukan.

Baca juga: Anies ajak umat muslim Ibu Kota laksanakan Shalat Idul Adha di JIS

Pewarta: Fahrul Marwansyah
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022