Jakarta (ANTARA) -
Tim nasional bola basket 3x3 putri Indonesia sempat dikejutkan oleh penampilan tuan rumah Singapura dalam pertemuan di babak penyisihan Pool B Piala FIBA Asia 3x3 2022 pada Jumat, demikian diakui salah satu pemain Kimberley Pierre-Louis.
 
Setelah memberi perlawanan sengit kontra Jepang meski akhirnya kalah 15-17 di laga pertama, Indonesia harus bangkit dari ketertinggalan untuk menundukkan Singapura 21-15.

"Mereka memulai dengan tembakan-tembakan luar busur, sementara kami sendiri terlihat bermalas-malasan menggalang pertahanan," kata Kimberley dalam wawancara pascalaga yang disiarkan kanal YouTube resmi FIBA 3x3.

Baca juga: Putri Indonesia jejaki perempat final FIBA Asia 3x3
 
Kimberley dkk memang mengawali pertandingan dengan terlambat panas, bahkan terlihat lamban menutup pergerakan para pemain Singapura.
 
Hal itu patut terjadi mengingat Indonesia jeda antarlaga yang mereka mainkan kontra Jepang dan Singapura tak sampai dua jam.

Indonesia bahkan sempat tertinggal 7-10 dari Singapura pada sisa waktu enam menit 40 detik, dan momentum itu diakui Kimberley cukup menyadarkan pasukan Srikandi Merah Putih.

Terlebih lagi, karena kekalahan melawan Jepang di laga pertama, Indonesia praktis wajib menang menghadapi Singapura untuk membuka kesempatan lolos ke perempat final.

"Kami serasa, aduh, kami harus meningkatkan permainan. Pemenang pertandingan ini di atas kertas akan melangkah ke babak berikutnya. Jadi memang laga hidup mati," ujarnya.

Baca juga: Kimberley akui Indonesia masih punya pekerjaan di FIBA Asia 3x3
 
Kimberley kemudian meraup lima poin beruntun tanpa balas demi membawa Indonesia berbalik unggul 12-10 pada sisa waktu empat menit 53 detik.
 
Pebasket naturalisasi asal Kanada itu juga belakangan mengunci kemenangan 21-15 bagi Indonesia saat waktu masih bersisa satu menit tiga detik.
 
Kimberley yang menyumbang 16 dari 21 poin Indonesia mengaku atmosfer para penonton memang sungguh luar biasa mengalirkan dukungan kepada tuan rumah dan pemain Singapura dinilainya cukup mampu membalas deras dukungan itu.
 
"Mereka memiliki dukungan suporter yang mengalirkan energi begitu besar di belakang mereka, sudah sewajarnya mereka tampil bagus. Saya angkat topi untuk mereka (pemain Singapura -red) atas penampilan hebat tadi," tutup Kimberley.
 
Beberapa jam setelahnya Indonesia dipastikan lolos sebagai tim peringkat kedua klasemen akhir Pool B menyusul kemenangan 11-3 yang dibukukan Jepang atas Singapura.
 
Di perempat final Indonesia sudah ditunggu Chinese Taipei yang lolos sebagai pemuncak Pool D. Babak perempat final dijadwalkan berlangsung pada Minggu (10/7) dan Indonesia menghadapi Chinese Taipei sekira pukul 14.00 WIB.

Baca juga: Putri Indonesia sisihkan Korsel dalam Piala FIBA Asia 3x3

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022