Bekasi (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa anak-anak asuhnya bekerja sangat keras untuk menaklukkan Filipina 5-1 pada laga Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat malam.

"Semua pemain bekerja sangat keras. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih," ujar Shin dalam konferensi pers usai pertandingan.

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengapresiasi para pemainnya yang jatuh-bangun di lapangan. Mereka tidak hanya menghadapi skuad Filipina, tetapi juga kelelahan fisik dan rasa sakit akibat berbenturan dengan pemain lawan.

Meski sang gelandang andalan Marselino Ferdinan absen karena cedera, skuad "Garuda Nusantara" dapat memberikan performa bagus. Mereka menciptakan peluang, membuat banyak gol dan menunjukkan semangat pantang menyerah sampai akhir.

Shin Tae-yong mengakui bahwa dia memang meminta anak-anak asuhnya untuk memperkuat mental dan berani berkorban di lapangan.

"Marselino tidak bisa lagi bermain di turnamen ini karena cedera. Oleh karena itu, saya mengubah mental pemain. Saya mau mereka berani mengorbankan diri. Dan, saat ini tim sudah menjadi satu. Saya yakin kami akan terus berkembang," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Baca juga: Trigol Rabbani Siddiq warnai kemenangan 5-1 Indonesia atas Filipina

Penyerang timnas U-19 Indonesia Rabbani Siddiq juga bersyukur dia dan rekan-rekannya mampu menundukkan Thailand.

Pesepak bola berusia 19 tahun itu semakin senang lantaran dia berhasil membuat trigol.

"Alhamdulillah, pertandingan tadi cukup bagus untuk kami. Semoga ke depannya lebih baik. Saya bersyukur mencetak 'hattrick'. Itu berkat bantuan teman-teman," tutur Rabbani.

Trigol penyerang Rabbani Siddiq mewarnai kemenangan tim nasional U-19 Indonesia atas Filipina dengan skor 5-1 pada laga Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat malam.

Dua dari tiga gol Rabbani diciptakan dari titik penalti. Sementara gol-gol Indonesia lain dilesakkan oleh Alfriyanto Nico dan Razzaa Aziz. Filipina memperkecil kedudukan melalui Justin Frias.

Kemenangan itu mengangkat Indonesia ke posisi ketiga klasemen sementara Grup A dengan delapan poin dari empat pertandingan. Skuad "Garuda Nusantara" akan lolos ke semifinal jika menundukkan Myanmar pada laga terakhir, Minggu (10/7).

Baca juga: Dua gol penalti bawa Indonesia ungguli Filipina 3-1 babak pertama
Baca juga: Shin Tae-yong rotasi pemain timnas U-19 kontra Filipina
Baca juga: Vietnam kokoh di puncak Grup A Piala AFF U-19 usai kalahkan Myanmar

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022