Moskow (ANTARA) - Badan pemantau keuangan Rusia, Rosfinmonitoring, mengatakan pada Jumat (8/7/2022) bahwa pihaknya menggunakan perangkat lunak untuk melacak transaksi mata uang kripto dan berharap untuk meningkatkan kemampuannya ketika Moskow mengantarkan regulasi tentang apa yang oleh seorang anggota parlemen dijuluki "cryptomania".

Bank sentral Russia telah lama menyuarakan skeptisisme atas mata uang kripto, mengutip kekhawatiran stabilitas keuangan, dan telah menganjurkan larangan penuh pada perdagangan dan penambangan, bertentangan dengan pemerintah yang ingin mengatur industri.

Rusia telah mengidentifikasi kasus kriminal khusus yang terlibat dalam uang kripto, kata kepala Rosfinmonitoring Yuri Chikhanchin, menambahkan bahwa agensi tersebut ingin meningkatkan sistemnya dan mengidentifikasi transaksi dan blockchain yang saat ini disembunyikan.

Chikhanchin mengatakan saat ini tidak mungkin untuk mencakup semuanya, sebagian karena tidak semua negara begitu bersemangat untuk mengatur industri ini.

"Sangat sulit ketika akun uang kripto masuk ke zona yang tidak diatur dan kami tidak mengerti siapa yang ada di ujung sana," katanya. "Tapi saya pikir kita masih akan menyelesaikan tugas ini."

Teknologi blockchain yang menjadi dasar mata uang kripto mencatat transaksi, tetapi bukan identitas pemilik dompet, membuatnya sulit untuk dilacak.

Anatoly Aksakov, kepala komite keuangan di majelis rendah parlemen Rusia, pada Kamis (7/7/2022) mengatakan rancangan undang-undang tentang pengaturan mata uang kripto akan diajukan ke majelis pada musim gugur.

"Jelas akan ada regulasi ketat," kata Aksakov, membandingkan "cryptomania" dengan kecanduan di sektor perjudian, yang diatur secara ketat di Rusia.

“Hal yang sama perlu dilakukan dengan bursa dan perdagangan kripto,” katanya. "Fenomena itu ada dan tidak bisa diabaikan."

Industri kripto telah berada di garis bidik regulator, yang khawatir bahwa krisis baru-baru ini di pasar yang bergejolak dapat menghantam sektor keuangan yang lebih luas.

Kemerosotan - dipicu oleh jatuhnya dua token utama pada Mei - telah menyebabkan pemberi pinjaman kripto Celsius menghentikan penarikan dan hedge fund kripto yang berbasis di Singapura Three Arrows Capital memasuki likuidasi.

Bank sentral Rusia mengatakan terbuka untuk mengizinkan uang kripto digunakan untuk penyelesaian internasional dan telah menyetujui transaksi aset digital lainnya.

Aksakov juga mengharapkan undang-undang penambangan uang kripto segera dipertimbangkan, area yang diharapkan pemerintah untuk dikenakan pajak.

Tidak seperti perusahaan pembayaran, sebagian besar bursa kripto pada awalnya menolak seruan untuk memutus semua pengguna Rusia, memicu kekhawatiran di antara anggota parlemen AS bahwa aset digital dapat digunakan untuk menghindari sanksi Barat terhadap Moskow atas tindakannya di Ukraina.

Bursa-bursa kripto utama mengatakan mereka akan mematuhi sanksi dengan memblokir pengguna yang terkena sanksi. Pada April, Binance membekukan simpanan dan perdagangan untuk pengguna Rusia dengan aset kripto lebih dari 10.000 euro.

Baca juga: Badan regulasi kripto global kemungkinan terbentuk tahun depan
Baca juga: Eksekutif JPMorgan sebut Bitcoin "tidak berharga", karena regulasi
Baca juga: Pelaku industri sambut baik rencana regulasi investasi aset kripto

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022