Surabaya (ANTARA) - Shalat Idul Adha 1443 Hijriah berjamaah siap digelar kembali di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 10 Juli 2022, setelah dua tahun sebelumnya ditiadakan karena pandemi COVID-19.

"Untuk pelaksanaannya, kami mengikuti aturan dari pemerintah pusat," kata Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya Arief Boediarto di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, setelah sukses menggelar Shalat Idul Fitri beberapa bulan lalu, kini Pemerintah Kota Surabaya juga akan menggelar Shalat Idul Adha 1443 Hijriah berjamaah di Taman Suraya Balai Kota Surabaya.

Arief mengatakan, digelarnya Shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Taman Surya Surabaya berdasarkan pengumuman atau keputusan sidang isbat dari pemerintah pusat yang jatuh pada 10 Juli 2022.

Untuk itu, kata dia, Pemkot Surabaya mulai menyiapkan sejumlah kebutuhan untuk pelaksanaan Salat Idul Adha 1443 Hijriah, termasuk berkoordinasi dengan Perangkat Daerah (PD) terkait mengenai pengawasan dan pengamanan selama pelaksanaan Salat Id.

"Kami juga sudah minta bantuan pengamanan teman-teman Satpol PP, BPBD, Bakesbangpol, Dinas Kesehatan maupun Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Semoga berjalan dengan lancar," ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, pemkot juga telah mengantisipasi sejumlah kemungkinan tingginya antusiasme warga yang datang. Dia menyatakan, Jalan Yos Sudarso Surabaya bakal menjadi alternatif apabila Taman Surya Balai Kota melebihi kapasitas jamaah.

"Apabila tidak cukup, kami tarik ke Jalan Yos Sudarso. Tapi itu hanya rencana cadangan kalau di Taman Surya masih cukup. Yang utama adalah tetap menjaga protokol kesehatan," ujar dia.

Tidak lupa, Arief juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga yang berencana melaksanakan Shalat Idul Adha agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, keamanan diri serta lingkungan.

"Rencananya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi juga Shalat Idul Adha di Taman Surya. Bagi yang keluarga atau para orang tua, anak-anaknya tolong dijaga agar tidak jalan sendiri," kata dia.

Baca juga: JIC ikut pemerintah laksanakan shalat Id pada Minggu

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022