​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) -
Meski Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat telah menetapkan penyelenggaraan ibadah Shalat Idul Adha dilaksanakan pada Ahad (10/07), namun sebagian besar umat Islam di kota itu menunaikannya, Sabtu ini.
 
Hal tersebut terpantau di sejumlah masjid besar yang ada di kota wisata itu, pada Sabtu.
 
"Kami Shalat Idul Adha, pada Sabtu ini, sekaligus langsung menyelenggarakan kurban," kata salah seorang warga, Rizki Jayadi (38) di Bukittinggi.
 
Penyelenggaraan Shalat Idul Adha juga terlihat di Masjid Agung Tangah Sawah, Masjid Jamik Birugo dan Masjid Tablighiyah Garegeh serta lainnya.

Baca juga: Shalal Idul Adha di kampus UMK Kendari dipenuhi umat Islam

Baca juga: Ribuan Muslimin Bengkulu laksanakan Shalat Idul Adha di 82 lokasi
 
Ketua MUI Sumbar, Gusrizal Gazahar juga menetapkan dan menyelenggarakan Shalat Idul Adha pada hari ini di Surau Buya Gusrizal, Ipuah, Bukittinggi.
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota Bukittinggi telah menetapkan pelaksanaan Shalat Idul Adha dilaksanakan, pada Ahad (10/07), di Lapangan Kantin Wirabraja.
 
Pemerintah Kota Bukittinggi menetapkan penyelenggaraan Shalat Idul Adha diselenggarakan pada Ahad (10/07), keputusan ini bersamaan dengan penetapan Hari Raya Kurban oleh Pemerintah Republik Indonesia.
 
"Khatib Shalat Idul Adha adalah Guru besar Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Asasriwarni dan imam shalat oleh Rusman Edi. S.Ag.M.Pd, Penyuluh Agama Islam Fungsional Nasional, Kemenag Bukittinggi,” kata Sekretaris Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Bukittinggi, Syukri.*

Baca juga: Ribuan umat Islam hadiri Shalat Id di lapangan parkir di Samarinda

Baca juga: Di 30 lokasi, ribuan jamaah Muhammadiyah Kabupaten Bogor shalat id

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022