lebih kurang ada sekitar 3.000 orang yang hadir
Batam (ANTARA) - Jamaah Muhammadiyah memadati lapangan parkir aula olahraga Temenggung Abdul Jamal Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1443 Hijriah pada Sabtu pagi.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batam, Shabirun Husnum di Batam, Sabtu mengatakan lapangan parkir aula olahraga Temenggung Abdul Jamal sudah menjadi lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha dan Idul Fitri setiap tahunnya.

"Kita kalau shalat id selalu di sini tempatnya. Tapi kemarin waktu COVID-19, kita tidak melaksanakan shalat id seperti ini," katanya.

Shabirun menjelaskan pada pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini antusias jamaah sangat tinggi, bahkan pihaknya tidak memperkirakan jamaah yang mengikuti shalat mencapai 3.000 orang.

"Biasanya hanya 700 sampai 800 orang saja, tapi sekarang lebih kurang ada sekitar 3.000 orang yang hadir, Alhamdulillah," ujar dia.

Baca juga: Sebagian Umat Islam Medan tunaikan Shalat Idul Adha Sabtu
Baca juga: Muhammadiyah Tanah Abang bagikan kurban untuk anak panti dan pemulung

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Amirsyah Tambunan yang bertugas sebagai imam sekaligus khatib dalam shalat Idul Adha 1443 H mengajak umat Muslim agar tetap perjuangan menghadapi ujian dan cobaan dalam menjalani kehidupan.

"Contoh yang dilakukan Nabi Ibrahim dalam menghadapi cobaan ini yang patut kita contoh, Alhamdulillah beliau berhasil melewatinya dengan iman dan ketaqwaannya. Yang seperti ini semoga bisa dicontoh oleh seluruh umat kita," kata Amirsyah.

Sejak pukul 06.30 WIB aula olahraga Temenggung Abdul Jamal Kota Batam telah dipadati jamaah Muhammadiyah yang akan mengikuti shalat id, bahkan arus lalu lintas kendaraan di lokasi tersebut sempat terjadi kemacetan.

Baca juga: Ribuan Muslimin Bengkulu laksanakan Shalat Idul Adha di 82 lokasi

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022