Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat memberikan apresiasi atas pelaksanaan Wisata Vaksin sejak tanggal 7-9 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

"COVID-19 membuat kita harus melakukan kerja sama, koordinasi, dan kolaborasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif," kata Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng di Labuan Bajo, Sabtu.

Hal itu dia sampaikan sebagai bentuk apresiasi atas kegiatan Wisata Vaksin yang diselenggarakan Sentra Vaksin Serviam, Bakti BCA, dan HIPMI Manggarai Barat.

Menurutnya kolaborasi Wisata Vaksin ini sangat membantu masyarakat dan pelaku pariwisata di Labuan Bajo.

Di tengah kondisi pandemi COVID-19, angka kasus di Manggarai Barat telah melandai. Weng pun berharap kolaborasi berbagai pihak terus terjalin untuk memutus mata rantai penularan virus COVID-19.

Baca juga: Gerai vaksinasi di tempat wisata Cianjur layani puluhan wisatawan
Baca juga: Pemkot Madiun gelar wisata vaksin guna tarik anak untuk divaksin

Wisata Vaksin merupakan kegiatan vaksinasi yang digelar bersama berbagai pihak untuk meningkatkan industri pariwisata di Labuan Bajo. Kegiatan tanggal 9 Juli 2022 terlaksana di Waterfront City Labuan Bajo.

Wisata Vaksin itu juga dilakukan agar cakupan vaksinasi dosis satu, dua, dan tiga di Manggarai Barat bisa tercapai lebih maksimal.

Koordinator Tenaga Kesehatan dan Apoteker Sentra Vaksin Serviam Dokter Mikysari Ichsan menyebut ada 500 vial vaksin jenis Pfizer dan Sinovac yang disiapkan bagi orang dewasa dan anak-anak di Labuan Bajo.

Dari data yang dihimpun mereka, layanan vaksinasi pada tanggal 7 Juli 2022 berhasil diberikan pada 518 orang. Selanjutnya, 590 dosis vaksin diberikan pada tanggal 8 Juli 2022.

"Tanggal 11 Juli 2022 di Kampung Rangko dan Kampung Boleng," ungkapnya.

Baca juga: Kemenparekraf buka gerai vaksinasi penguat di lingkar Mandalika
Baca juga: 9.000 pelaku pariwisata Batam telah terima vaksin COVID-19 penguat

Sementara itu Ketua HIPMI Manggarai Barat Mario Pranda mengatakan HIPMI memberikan dukungan terhadap pelaksanaan vaksinasi khususnya bagi pelaku pariwisata.

Di tengah geliat pariwisata yang mulai bangkit, tentunya pelaku wisata di Labuan Bajo harus memberikan pelayanan prima agar para tamu merasa aman dan nyaman selama berwisata.

Salah satu hal untuk menjamin itu yaitu vaksinasi lengkap oleh pelaku pariwisata, termasuk para kru kapal.

"Ini menyangkut kenyamanan tamu di kapal. Kami dukung dan siap sukseskan kegiatan ini," katanya.

Baca juga: Kapolri minta percepatan vaksinasi di daerah wisata

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022