Jakarta (ANTARA) - Timnas Laos U-19 berhasil mengamankan posisi puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF U-19 usai mengalahkan Singapura dengan skor 3-1 di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu.
 
Pada pertandingan ini, gol Laos dicetak oleh Phoutthavong Sangvilay, Sisouphonh Ackhavong dan Athit Louanglath, sedangkan Singapura sempat membalas berkat gol dari Khairin Nadim Rahim.
 
Perolehan tiga poin ini memastikan Laos menduduki puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF U-19 dengan total 9 poin dari tiga laga, sedangkan Singapura berada di posisi terakhir dengan satu poin dari empat pertandingan.

Baca juga: Jadwal Grup B Piala AFF U-19: Laos berupaya pertahankan tempat pertama
 
Pada babak pertama, Laos mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu membobol gawang Singapura pada menit ke-6 melalui tendangan bebas dari Phoutthavong Sangvilay sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
Mampu unggul satu gol, Laos tetap memberikan tekanan kepada lini pertahanan Singapura, salah satunya tembakan dari gelandang Sayfon Keohanam yang masih menyamping dari gawang Firman Nabil.
 
Laos kembali memberikan ancaman ke gawang Singapura, kali ini melalui sundulan Peeter Phanthavong yang masih bisa diamankan Firman Nabil.
 
Singapura sempat memberikan ancaman ke lini pertahanan Laos melalui tendangan yang dilepaskan oleh penyerang Muhamad Ali Manaf, namun masih bisa dimentahkan kiper Phounin Xayyasone.
 
Laos mampu menggandakan keunggulan pada waktu tambahan babak pertama melalui tendangan penyerang Sisouphonh Ackhavong sehingga skor berubah menjadi 2-0 yang bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Pelatih Laos U-19 optimis timnya bisa melaju ke semifinal
 
Pada babak kedua, Singapura mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dalam rangka memperkecil ketertinggalan, salah satunya melalui tendangan keras penyerang Khairin Nadim Rahim yang masih melambung di atas mistar gawang Laos.
 
Laos berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-70 melalui tendangan Athit Louanglath yang memanfaatkan situasi kemelut di kotak penalti Singapura.
 
Pasukan Laos hampir menambah keunggulan menjadi 4-0 andai sontekan dari penyerang Athit Louanglath tidak menyamping dari gawang Singapura.
 
Singapura mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 melalui tendangan dari Khairin Nadim memanfaatkan umpan dari Mohamed Izrafil pada menit ke-89. Di sisa waktu babak kedua, skor 3-1 untuk kemenangan Laos tetap bertahan.
 
Selanjutnya Laos akan menghadapi Malaysia di pertandingan terakhir Grup B Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Chandrbhaga, Bekasi, Senin (12/7), sedangkan Singapura telah mengakhiri semua laga mereka.

Baca juga: Laos U-19 amankan tiga poin usai kalahkan Kamboja 2-1
Baca juga: Malaysia U-19 ditahan imbang tanpa gol oleh Singapura

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022