Bandarlampung (ANTARA) - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung mengatakan untuk penyembelihan ataupun pemotongan hewan kurban boleh dilakukan selama masih dalam hari Tasyrik pada bulan Zulhijah.

"Untuk Sholat Idul Adha memang secara serentak dilaksanakan hari ini, tapi untuk menyembelih hewan kurban bisa sekarang, besok atau lusa selama masih dalam hari Tasyrik," kata Sekretaris PW Muhammadiyah Provinsi Lampung, Sudarman, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan hingga kini terdata sekitar 1.500 sapi yang akan disembelih di berbagai ranting ataupun daerah di Lampung.

"Hingga sekarang kami masih himpun berapa hewan kurban yang akan dipotong, tapi data yang sudah masuk ke PW Muhammadiyah sekitar 1.500 sapi dan kambing lebih banyak lagi, tapi memang memotongnya di masing-masing wilayah, tidak terpusat," kata dia.

Baca juga: Muhammadiyah Bogor potong hewan kurban di lokasi bencana

Baca juga: Pemprov Jatim imbau penyembelihan hewan kurban secara sehat dan aman


Ditanya soal hewan kurban dari pemerintah, dia mengungkapkan hingga saat ini belum ada informasi, baik dari Gubernur ataupun Wali Kota memberikan hewan kurban ke Muhammadiyah.

"Biasanya memberi satu ekor lembu baik dari Pemprov Lampung maupun Pemkot Bandarlampung, tapi hingga kini belum ada laporannya," kata dia.

Ia pun mengatakan, baik Pemprov Lampung maupun Pemkot Bandarlampung jika berkenan bisa menyembelih hewan kurban melalui Muhammadiyah karena itu akan sangat bermakna.

"Kami harap ada bantuan hewan kurban karena akan disalurkan di tempat-tempat yang memerlukan dan itu sangat bermakna bagi kehidupan dakwah Muhammadiyah," kata dia.

Di sisi lain, dia juga mengungkapkan bahwa keluarga besar Muhammadiyah di Lampung melaksanakan Shalat Idul Adha, sebagai implementasi keputusan Muhammadiyah Pusat yang menetapkan tanggal 10 Zulhijjah pada Sabtu ini.

Sementara jumlah lokasi Shalat Idul Adha belum masuk semua dari Kabupaten dan Kota tapi dapat dipastikan dilaksanakan di cabang yang berada di kecamatan-kecamatan di Lampung. "Dan tempat pelaksanaannya ada yang di lapangan maupun di masjid-masjid," kata dia.

Di Lapangan Gedung Wanita Kota Bandarlampung terpantau sekitar seribuan umat Islam melaksanakan Shalat Idul Adha yang diselenggarakan pengurus Wilayah Muhammadiyah Provinsi Lampung.*

Baca juga: DLH serukan warga Probolinggo rayakan Idul Adha tanpa sampah plastik

Baca juga: Dedi Mulyadi menangis lepas sapi-sapi kesayangannya untuk kurban

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022