Yang terpenting adalah lolos, kami sangat senang Laos melakukannya, kami memenangi tiga pertandingan, itu tidak sering terjadi, jadi kamu harus merayakan itu ketika waktunya datang
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Timnas Laos U-19 Hans Michael Weiss mensyukuri keberhasilan timnya melaju ke semifinal Piala AFF U-19 usai mengalahkan Singapura 3-1 di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu.
 
Berbicara seusai pertandingan di Jakarta, Weiss menjelaskan keberhasilan ini patut dirayakan, terlebih Laos tidak sering melaju ke semifinal turnamen skala Asia Tenggara.
 
"Kami berada di posisi puncak grup sekarang, kami ingin mengamankan tempat itu semoga, kami akan melihat apa yang terjadi pada pertandingan selanjutnya menghadapi Malaysia," ujar Weiss.

Baca juga: Laos U-19 amankan posisi puncak Grup B usai tekuk Singapura 3-1
 
"Yang terpenting adalah lolos, kami sangat senang Laos melakukannya, kami memenangi tiga pertandingan, itu tidak sering terjadi, jadi kamu harus merayakan itu ketika waktunya datang," sambungnya.
 
Pelatih asal Jerman itu lanjut mengatakan, saat ini kondisi pemainnya tidak sepenuhnya bugar karena jadwal yang padat pada turnamen ini.
 
Ia belum bisa memastikan apakah akan melakukan rotasi pada pertandingan menghadapi Malaysia pada Senin mendatang dan akan menantikan kondisi dari pemainnya.
 
"Saya harus melihat situasi selanjutnya, kami memiliki opsi (rotasi) itu, kami akan mempertimbangkannya," jelas Weiss.

Baca juga: Jadwal Grup B Piala AFF U-19: Laos berupaya pertahankan tempat pertama
 
"Turnamen ini berjalan ketat, dan para pemain tidak bisa melakukan pemulihan sepenuhnya, kamu melakukan kesalahan sederhana, kamu tidak bisa berlari sesuai keinginanmu, beberapa memiliki otot yang tegang," sambungnya.
 
Kemenangan ini membuat Laos untuk sementara menduduki peringkat pertama klasemen sementara Grup B dengan raihan 9 poin dari tiga pertandingan, sekaligus memastikan langkah mereka ke babak semifinal.
 
Selanjutnya Laos akan menghadapi Malaysia pada pertandingan terakhir Grup B Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (12/7).

Baca juga: Indonesia belum tentu ke semifinal AFF U-19 walau kalahkan Myanmar
Baca juga: Pelatih Filipina: Kekalahan dari Indonesia jadi pelajaran penting

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022