10 armada itu, Insya Allah bisa memfasilitasi kurang lebih sampai 20 ribu jamaah
Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, Perumda Air Minum Jakarta Raya (PAM JAYA) menambah fasilitas wudhu dengan kapasitas hingga 20.000 orang untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Ahad (10/7).

Direktur Pelayanan PAM JAYA Syahrul Hasan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan fasilitas berupa 10 armada mobil tangki. Armada itu ​​​ada di parkir ramp timur sebanyak tiga unit, di parkir ramp barat (4) dan tiga lainnya tersebar di sekeliling JIS.

"10 armada itu, Insya Allah bisa memfasilitasi kurang lebih sampai 20 ribu jamaah," kata Syahrul kepada ANTARA di JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu.

Syahrul mengatakan, dukungan PAM JAYA pada Shalat Id di JIS, berupa enam armada mobil tangki pada Idul Fitri 1443 Hijriah yang lalu sebetulnya sudah mencukupi. Namun karena kali ini agak berbeda dan diprediksi jamaah yang mengikuti shalat di JIS saat Idul Adha bisa dua kali lebih banyak.

"Idul Fitri dan Idul Adha ini berbeda. Karena kan dihitung atau dikaji dari Pemprov DKI, bisa dua kali lipat jamaah yang hadir. Makanya kami 'provide' untuk Idul Adha 1443 Hijriah itu sebanyak 10 mobil tangki atau 10 armada," kata Syahrul.

Kendati demikian, adanya mobil tangki sifatnya hanya sebagai fasilitas pendukung saja karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengimbau agar jamaah Shalat Idul Adha di JIS melaksanakan wudhu dari rumah.

Artinya bisa saja jamaah nanti berangkat dalam keadaan sudah wudhu. "Fasilitas wudhu tambahan bisa diperlukan sewaktu-waktu," katanya.

Baca juga: TransJakarta sediakan layanan gratis bagi jamaah Shalat Id di JIS
Baca juga: Begini rekayasa lalin di kawasan JIS saat Shalat Idul Adha

 
Sejumlah warga melaksanakan wudhu di Jakarta International Stadium, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Sabtu (9/7/2022). ANTARA/Abdu Faisal

Di JIS sudah tempat wudhu di sejumlah titik yang tersebar di empat tangga (grand stair) timur dan barat serta empat unit toilet.

Tambahan 10 armada mobil tangki oleh PAM JAYA semakin menambah jumlah keran yang dapat digunakan oleh jamaah Shalat Id di JIS.

Syahrul mengatakan, untuk di satu mobil tangki saja, ada 10 keran yang bisa digunakan masing-masing lima keran di sebelah kiri dan kanan badan mobil.

"Selain itu, agar menjaga supaya setelah wudhu tidak basah, kami juga pakai semacam alat begitu ya, sekitar 30 sentimeter begitu di area mobil, supaya jamaah menginjak tidak basah-basahan," katanya.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha di JIS sama dengan pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang diadakan di ramp barat hingga "concourse" selatan dengan estimasi kapasitas 20 ribu orang.

Jamaah Dhalat Id di JIS diingatkan tidak perlu khawatir soal arah kiblat karena corak lantai stadion internasional di Jakarta Utara itu sudah membentuk garis-garis saf shalat yang mengarah kiblat.
Baca juga: DKI pusatkan Shalat Idul Adha di JIS, warga diimbau taat prokes

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022