Jakarta (ANTARA) - Jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meninjau dan memeriksa area ramp barat Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, untuk memastikan kesiapan lokasi Shalat Idul Adha 1443 Hijriah pada Ahad (10/7).

Hadir di lokasi saat itu antara lain Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Widi Amanasto, Direktur Pelayanan Perumda Air Minum Jakarta Raya (PAM JAYA) Syahrul Hasan dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Hingga Sabtu petang kesiapan lokasi sudah 99 persen. Adapun yang masih perlu disesuaikan adalah penambahan rambu informasi saf shlat dan tempat wudhu untuk pria dan wanita.

Peninjauan dan pemeriksaan menyeluruh melibatkan pegawai Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan BUMD terkait area shalat di area ramp barat, dari bawah hingga ke atas.

Selanjutnya, pengecekan terkait alur jamaah yang datang, seperti kantong parkir dan lainnya hingga memastikan pelaksanaan rangkaian acara yang telah disusun.

Baca juga: DLH DKI kerahkan 350 petugas kebersihan saat Shalat Idul Adha di JIS
Baca juga: PAM JAYA tambah fasilitas wudhu di JIS hingga kapasitas 20 ribu orang


Sigit kepada wartawan di area ramp barat JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengatakan, panitia Shalat Idul Adha di JIS mempersiapkan
kapasitas jamaah dua kali lipat lebih banyak dari total jamaah yang datang saat Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di awal Mei lalu.

Kalau dulu jamaah yang datang mencapai 30 ribu orang. Kali ini, seluruh jajaran petugas panitia Shalat Id akan mempersiapkan maksimal 60 ribu jamaah.

"Untuk pelaksanaan shalat besok kami mempersiapkan kapasitas pengunjung maksimum 60 ribu jamaah. Insya Allah besok kita akan sama-sama bisa menyelenggarakan Idul Adha di JIS dengan suasana yang khidmat dan meraih keberkahan dari Allah SWT," kata Sigit.

Untuk kantong parkir pun kemungkinan ditambah. Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, ada dua kantong parkir tambahan disediakan di luar JIS saat Idul Adha ini.

Nantinya kantong parkir berjumlah 15 lokasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan mobilitas bagi masyarakat menuju dan dari JIS.

"Diperkirakan akan ada 60 ribu jamaah yang memadati area JIS, maka kami sediakan 15 kantong yang berada di dalam dan luar JIS dengan kapasitas dapat menampung 4.400 kendaraan," kata Syafrin.

Baca juga: TransJakarta sediakan layanan gratis bagi jamaah Shalat Id di JIS
Baca juga: Begini rekayasa lalin di kawasan JIS saat Shalat Idul Adha


Syafrin mengatakan, tujuh kantong parkir telah disiapkan luar JIS seperti di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Prof Sulianti Saroso dengan kapasitas 50 unit mobil dan 150 unit motor serta Universitas 17 Agustus (Untag) dengan kapasitas 80 unit mobil dan 200 unit sepeda motor.

Selanjutnya, Graha YKI (20 mobil dan 50 sepeda motor), Hotel Arcici Sunter (50 mobil dan 100 sepeda motor, Ruko Sunter Nirwana (50 mobil dan 150 sepeda motor), Ancol Karnaval (500 mobil) dan C3 Kemayoran (550 mobil) 

"Kami imbau untuk masyarakat tidak parkir di kedua jalan tersebut. Jika ada yang parkir akan segera kami derek, karena kami sudah siapkan mobil derek," katanya.

Masyarakat bisa langsung ke lokasi kantong parkir yang sudah disiapkan dan akan ada petugas yang mengarahkan.

Jamaah Shalat Id tidak perlu khawatir memarkir kendaraan agak jauh dari JIS karena telah tersedia bus pengumpan (shuttle bus) yang hilir-mudik dari dan menuju kantong parkir sejak pukul 04.00 WIB sebanyak 12 unit.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022