Jakarta (ANTARA) - Max Verstappen memenangi sprint race Grand Prix Austria dengan dominan dari pole position pada Sabtu di saat duet Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz tak mampu mengejar mobil Red Bull di kandangnya tersebut.

Setelah memenangi balap sprint di Imola awal musim, Verstappen untuk kedua kalinya merebut delapan poin dalam sprint kedua musim ini setelah finis 1,675 detik di depan Leclerc, yang bakal ikut start dari baris terdepan di balapan pada esok hari, demikian laman resmi Formula 1.

Sainz akan memarkir mobil Ferrari-nya di baris kedua grid bersama George Russell, yang mengalami kecelakaan di Q3, setelah sang pebalap Mercedes finis P4.

Pebalap kedua Red Bull Sergio Perez menyelesaikan balapan sepanjang 100 km itu di P5 setelah harus start dari P13 karena catatan waktunya dalam kualifikasi dihapus karena dianggap melanggar limit trek.

Perez finis sesi kualifikasi ketiga di P4, tapi diketahui lap terbaiknya di Q2 melanggar limit sehingga dibatalkan, demikian pula dengan catatan terbaiknya di Q3.

Baca juga: Hamilton minta maaf ke Mercedes setelah kecelakaan di kualifikasi

Sementara itu, posisi start P6 akan dihuni Esteban Ocon dari tim Alpine diikuit oleh Kevin Magnussen yang mempersembahkan dua poin untuk Haas di P7.

Di mobil Haas kedua, Mick Schumacher tampil impresif menahan upaya juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton yang berupaya mencuri poin di balapan sepanjang 23 putaran itu.

Namun, dua lap menjelang finis, Hamilton yang juga mengalami kecelakaan saat kualifikasi, mendapat celah untuk menyalip putra Michael Schumacher itu untuk membawa pulang satu poin di P8.

Dengan tambahan delapan poin, Verstappen memperlebar jaraknya sebagai pemuncak klasemen dengan koleksi 189 poin, unggul 38 poin dari Perez dan 44 poin dari Leclerc.

Pebalap Belanda itu kembali akan menjadi favorit di Red Bull Ring, yang juga dimiliki perusahaan minuman berenergi asal Austria.

Dia telah menang empat kali di Austria - tiga kali di GP Austria dan satu kali di gelaran yang bertajuk GP Styria di sirkuit yang sama.

Baca juga: Verstappen rebut pole sprint race GP Austria, duet Mercedes kecelakaan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022