Maka gunakan masker. Walaupun ini tempat yang terbuka
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan ikut Shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Minggu pukul 06.30 WIB.

"Ya di dalam Shalat Idul Adha, hari Minggu, tanggal 10 Juli pukul 06.30 pagi kita semua bisa melaksanakan di Jakarta International Stadium. Kami berharap akan meriah seperti Idul Fitri kemarin," kata Anies saat pengecekan akhir di JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu malam.

Anies mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap menyambut jamaah yang datang sampai dengan kapasitas tersedia sebanyak 60 ribu orang.

"Kita lihat saja yang datang berapa, kami siap untuk menyambut jamaah sampai dengan 60 ribu kapasitas tersedia," kata Anies.

Baca juga: Pemprov DKI pastikan kesiapan Shalat Idul Adha di JIS
Baca juga: DLH DKI kerahkan 350 petugas kebersihan saat Shalat Idul Adha di JIS


Karena sudah pernah melakukan Shalat Id yang pertama di JIS saat Idul Fitri 1443 Hijriah, dia lebih optimistis acara bisa berjalan lebih lancar.

Kendati demikian, karena masih di masa pandemi, maka Pemprov DKI akan memastikan semua jamaah tetap aman meski yang datang bisa mencapai 60 ribuan orang.

Anies mengatakan, masker tetap harus digunakan walaupun area ramp barat JIS merupakan ruangan terbuka. Karena saat shalat, posisi antarjamaah akan saling berdekatan.

"Maka gunakan masker. Walaupun ini tempat yang terbuka," kata Anies.

Baca juga: PAM JAYA tambah fasilitas wudhu di JIS hingga kapasitas 20 ribu orang
Baca juga: TransJakarta sediakan layanan gratis bagi jamaah Shalat Id di JIS


Panitia juga sudah menyiapkan gerai vaksinasi di sisi utara area Shalat Id di ramp barat bagi jamaah yang belum melaksanakan vaksinasi dosis ketiga atau dosis penguat (booster).

Persiapan panitia JIS mempersiapkan Shalat Id sejauh ini dinilai Anies sudah dilaksanakan dengan baik pada malam pengecekan terakhir ini.

Area shalat disiapkan dari ramp sisi barat hingga ramp sisi timur JIS. Disiapkan pula dukungan sistem audio hingga ke sisi paling ujung JIS.

"Jadi pengecekan 'sound system' yang sudah dipasang sejak hari Jumat kemarin, kemudian tempat untuk saf, untuk tempat wudhu, untuk jalur-jalur mobilitas jamaah yang hadir semuanya sudah disiapkan," kara Anies.

"Jadi kalau diperlukan sampai ujung paling timur, itu sudah disiapkan 'sound system'-nya," katanya.
Baca juga: Begini rekayasa lalin di kawasan JIS saat Shalat Idul Adha

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022