Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Australia Matthew Ebden dan Max Purcell menghentikan duo Kroasia Mate Pavic dan Nikola Mektic memenangkan gelar ganda putra Wimbledon berturut-turut dengan 7-6(5) 6-7(3) 4-6 6-4 7- 6(10-2) dalam final Sabtu waktu setempat.

Ebden dan Purcell menjadi tim all-Australia pertama dalam 22 tahun yang menjuarai ganda putra All England Club sejak duet terkenal The Woodies, Todd Woodbridge dan Mark Woodforde.

Bermain sangat ketat dalam dua set pertama yang diselesaikan dengan tiebreak, pasangan Kroasia unggul dengan break servis pertama dalam gim pembuka set ketiga ketika Purcell membuat kesalahan ganda sehingga pasangan Kroasia merebut set ini.

Baca juga: Rybakina juara Wimbledon setelah taklukkan Ons Jabeur

Australia balik memimpin 5-4 pada set keempat setelah mengubah taktik dan berusaha keras memperbaiki pengembalian mereka untuk menembakkan serangkaian pukulan winner guna merebut set ini dan memaksa set penentuan dimainkan.

​​​​​​
Final ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah ganda Wimbledon bahwa pertandingan dan penentuan juara ditentukan oleh tiebreak 10 poin dan pasangan Australia itu yang akhirnya memenangkan final ini setelah bertarung secara heroik dalam waktu empat jam 11 menit, demikian Reuters.

Baca juga: Berjuang lawan cedera, Nadal ke semifinal Wimbledon hadapi Kyrgios

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022