sangat merindukan masjid kebanggaannya
Jakarta (ANTARA) - Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Mohammad Nuh menjadi khatib Shalat Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu.

M. Nuh menyampaikan ceramah dengan tema "Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebhinekaan". Sedangkan yang menjadi imam Shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal adalah Ustadz H. Salim Ghazali, S.Ud.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha di Istiqlal digelar pukul 07.00 WIB. Namun sejak pukul 04.00 WIB jamaah sudah berangsur-angsur tiba ke masjid kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut.

Presiden Joko Widodo beserta sejumlah pejabat negara juga turut melaksanakan Shalat Id di Masjid Istiqlal. Penjagaan pun diberlakukan ketat. Jamaah harus melewati pemeriksaan badan dan barang bawaan sebelum masuk area lapang masjid.

Baca juga: Ribuan Muslim shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Aqsha di Sentani
Baca juga: Shalat Idul Adha 2022 di Kendari Sultra diwarnai hujan

Imbas dari pemeriksaan ini, hingga jelang pelaksanaan Shalat Idul Adha masih banyak masyarakat yang mengantre untuk dapat masuk ke dalam masjid. Antrean yang mengular itu bahkan sudah berlangsung sejak pukul 05.00 WIB.
Antrean masyarakat yang akan melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/2022). ANTARA/Asep Firmansyah


Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar sebelumnya menyatakan bahwa kapasitas untuk pelaksanaan Shalat Id hanya dibuka bagi sekitar 100 ribu orang saja. Namun karena antusiasme masyarakat yang tinggi, pengelola akhirnya membuka sesuai kedatangan jamaah.

Penuh sesaknya jamaah terlihat dari lantai yang dipakai untuk melaksanakan shalat, lantai dasar hingga tiga lantai di atasnya dipenuhi jamaah. Sementara jamaah perempuan menempati sisi kiri lantai dasar dan lapangan terbuka Istiqlal.

"Kami juga memperhatikan persiapan lain yaitu mengantisipasi jumlah pengunjung yang datang karena sudah sangat merindukan masjid kebanggaannya," ujar Nasaruddin Umar.

Nasaruddin juga berpesan kepada seluruh jamaah untuk tetap mematuhi segenap protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Masyarakat harus tetap menggunakan masker saat berada di area Masjid Istiqlal.

Baca juga: Sejumlah provinsi berpotensi diguyur hujan saat Idul Adha

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022