Jakarta (ANTARA) - Gitaris legendaris Carlos Santana resmi menunda enam konser dalam turnya karena masalah kesehatan, menyusul insiden pingsan di atas panggung pada Selasa (6/7) malam di Michigan, Amerika Serikat.

"Saya menyesal memberi tahu Anda bahwa Santana telah menunda pertunjukan malam ini di Ruoff Music Center di Noblesville, dan lima tempat lainnya termasuk di Ohio, Wisconsin, Arkansas, dan dua konser di Texas. Dokter telah merekomendasikan agar Santana beristirahat untuk memulihkan diri sepenuhnya," kata Presiden Universal Tone Management Michael Vrionis, dikutip dari The Hollywood Reporter, Minggu.

Menurut beberapa laporan dari tempat kejadian di Clarkston, Michigan, pada Selasa malam, gitaris ikonis itu tiba-tiba pingsan di atas panggung di Pine Knob Music Theatre. Manajernya kemudian menjelaskan malam itu bahwa Santana menderita kelelahan akibat panas dan dehidrasi, dan sedang dalam pemulihan.

"Carlos baik-baik saja dan sangat ingin segera kembali ke panggung. Dia hanya butuh istirahat," kata Vrionis dalam sebuah pernyataan.

"Santana sangat menyesali penundaan penampilannya yang akan datang ini; tapi, kesehatannya adalah perhatian nomor satu kami. Dia tak sabar untuk segera bertemu dengan semua penggemarnya," ujarnya menambahkan.

Santana sedang dalam perjalanan untuk tur bertajuk "Miraculous Supernatural 2022 Tour: Santana + Earth, Wind & Fire", untuk mendukung album studio ke-26 dan terbarunya, "Blessings and Miracles 2021".

Dianggap sebagai salah satu pemain gitar terhebat sepanjang masa, gitaris berusia 74 tahun itu telah memenangkan 10 Grammy Awards dan tiga Latin Grammy.

Pada tahun 1999, ia memiliki rekor yang sama dengan Michael Jackson untuk Grammy terbanyak yang dimenangkan dalam satu malam, dengan jumlah sebanyak delapan piala.

Sementara itu, Live Nation akan mengumumkan tanggal yang dijadwalkan ulang untuk tur Santana, dan semua tiket akan diberikan untuk tanggal baru.

Baca juga: Gitaris Santana pingsan di panggung akibat dehidrasi

Baca juga: Carlos Santana batalkan konser di Las Vegas karena masalah kesehatan

Baca juga: DJ Avicii dan Santana akan tampil di panggung Piala Dunia

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022