Solo (ANTARA) - Hari Raya Kurban merupakan pengorbanan untuk diberikan yang terbaik, kata Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, Prof Mudhofir Abdullah, selaku Khotib dalam Sholat Idul Adha 1443 Hijriah, di Masjid Baitul Hikmah Kompleks Balai Kota Surakarta, Minggu.

Mudhofir dalam khutbahnya mengatakan Ibadah haji adalah mengingatkan kembali jejak dan napak tilas dari Nabi Ibrahim serta reaktualisasi terhadap simbol memberikan yang terbaik berjalan ikhlas.

Oleh karena itu, Mudhofir mengajak para jamaah untuk kembali memaknai jejak-jejak Nabi Ibrahim. Karena ditetapkannya Hari Raya Kurban tidak terlepas dari kisah Nabi Ibrahim dengan puteranya Ismail.

Kegiatan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Baitul Hikmah Kompleks Balai Kota Surakarta, yang dimulai sekitar pukul 06.15 WIB dihadiri ribuan warga termasuk sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Surakarta.

Pejabat Forkompimda Kota Surakarta antara lain Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, Ketua DPRD Surakarta, Budi Prasetyo dan sejumlah pejabat lainnya di Kota Solo.

Baca juga: Presiden Jokowi: Idul Adha menebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya
Baca juga: Sandiaga Uno: Kurban adalah wadah untuk saling peduli

Pada Shalat Idul Adha selaku iman, yakni Ketua Dewan Masjid Kota Surakarta, K.H. Muhammad Muhtarom.

Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa dalam kesempatan itu, mengatakan Pemerintah Kota Surakarta menyerahkan sebanyak delapan ekor sapi pada Idul Adha tahun ini. Jumlah sapi itu, lima ekor untuk kantor kecamatan, satu ekor untuk Balai Muhammadiyah dan dua ekor akan disembelih oleh Pemkot Surakarta.

Pemkot Surakarta juga menerima bantuan sapi dari Bapak Presiden Joko Widodo, diserahkan ke Masjid Agung dan Masjid Al Wustho Solo.

Teguh mengatakan bantuan hewan kurban tersebut setidaknya bisa membantu warga Solo yang masih terdampak pandemi COVID-19. Pemerintah Daerah Kota Surakarta berharap dengan batuan itu, bisa bermanfaat bagi warga.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surakarta Eko Nugroho pihaknya selama Idul Adha ini, telah memeriksa kesehatan hewan kurban yaitu sebanyak 683 ekor sapi, 746 ekor kambing dan 25 ekor domba. 

Baca juga: Gubernur Gorontalo shalat Idul Adha di Lapangan Taruna Remaja

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022