Tokyo (ANTARA) - Ribuan Muslim melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Indonesia di Tokyo, Jepang, pada Minggu (10/7).

Berdasarkan pantauan ANTARA, sejak pagi jamaah berduyun-duyun menuju lokasi masjid yang berada di Meguro, Tokyo.

Tidak hanya warga negara Indonesia (WNI), Muslim dari berbagai negara pun turut melaksanakan shalat di Masjid Indonesia Tokyo (MIT).

Penanggung jawab Idul Adha Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang Muhammad Alif saat ditemui di Tokyo, Sabtu (9/7), mengatakan pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha dibagi menjadi dua gelombang bagi masyarakat umum.

Gelombang pertama dimulai pada pukul 07.00 waktu setempat dan gelombang kedua dimulai pada pukul 08.00 waktu setempat. Sementara itu, gelombang nol dikhususkan untuk para pejabat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan duta besar negara-negara sahabat.

“Karena keterbatasan ruangan, kita adakan dua gelombang,” katanya.

Masjid tersebut dapat menampung hingga 800 orang dan apabila digabungkan dengan Balai Indonesia bisa mencapai 1.600 orang.

“Untuk gelombang kedua, kuotanya sudah penuh. Sementara untuk gelombang pertama yang mendaftar sekitar 550 orang,” katanya.

Alif mengatakan jumlah jamaah dibatasi mengingat adanya kenaikan jumlah kasus COVID-19.

Khutbah shalat Idul Adha yang dibawakan oleh Ust. Wais Alkindi, yakni bertema menjadi Muslim terbaik.

Selain pelaksanaan shalat Idul Adha, Masjid Indonesia Tokyo juga menyelenggarakan Tabligh Akbar Idul Adha 1443 H dengan tema “Idul Adha: Berbagi dan Menginspirasi” yang dibawakan oleh Ust. Lukmanul Hakim.

Kegiatan lainnya juga digelar, yakni Ied Ceria yang diperuntukkan bagi anak- anak untuk berkumpul dan bergabung dalam permainan.

Namun, bazar, yang dulu kerap mewarnai rangkaian penyelenggaraan shalat Idul Adha, kali ini dibatalkan karena adanya pengetatan protokol kesehatan.

Sejumlah kegiatan tersebut dilaksanakan oleh KMII Jepang atas dukungan dan kerja sama dengan KBRI Tokyo.

MIT terletak di kompleks Sekolah Republik Indonesia Tokyo, yang merupakan wilayah Indonesia dan menjadi tanggung jawab KBRI Tokyo.


Baca juga: Presiden Jokowi: Idul Adha menebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya

Baca juga: KBRI Tokyo, masyarakat Islam di Jepang gelar shalat Idul Fitri


 

Diaspora Indonesia di Kuwait rayakan Idul Adha dengan makan bersama

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022