Pangkalpinang (ANTARA) - Wali Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Maulan Aklil memotong 16 ekor hewan kurban di kebunnya, guna mencegah kerumunan yang berpotensi terjadi penularan virus COVID-19 pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Sebanyak 16 ekor hewan kurban ini dipotong di kebun saya dan nanti dagingnya akan dibagikan kepada warga dari pintu ke pintu (dor to dor)," kata Maulan Aklil usai melaksanakan Shalat Idul Adha 2022 di Lapangan Merdeka Pangkalpinang, Ahad.

Ia mengatakan pemotongan hewan kurban tahun ini dilaksanakan di kebun, guna memudahkan panitia dalam pemotongan sapi dan kambing serta menghindari kerumunan warga selama proses penyembelihan hewan kurban tersebut.

"Jangan warga yang datang mengambil daging ke kebun, tetapi kita yang datang ke rumah warga membagikan daging kurban tersebut," ujarnya.

Baca juga: Khatib Shalat Id: Ibadah kurban "pupuk" kepedulian kepada sesama

Baca juga: Ini kata Anies terkait penanganan PMK di Ibu Kota


Ia mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H, semoga di hari raya kurban ini umat Islam meneladani Nabi Ibrahim SAW dan mendoakan kepulangan jamaah haji asal Kota Pangkalpinang selamat dan menjadi haji mabrur.

"Usai Shalat Idul Adha ini, kita akan langsung memotong sapi dan kambing di kebun," katanya.

Ia mengatakan pemotongan hewan kurban ini dilakukan empat tahap. Daging hewan kurban dari pemotongan tahap pertama dikhususkan untuk rumah dinas, Satpol PP beserta keluarganya dan pemotongan hewan kurban pada hari ke-4 lebaran daging kurban ini akan disalurkan kepada masyarakat Kota Pangkalpinang yang kurang mampu.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Pangkalpinang yang akrab dipanggil Bang Molen itu mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI, Polri, Kejaksaan serta unsur aparat keamanan lainnya yang mampu menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif.

"Selamat menjalankan ibadah di bulan Dzulhijjah 1443 H ini, semoga Allah SWT berkenan menerima amal serta ibadah kita semua," katanya.*

Baca juga: Plh Gubernur Jabar: Idul Adha momentum berkorban bagi agama dan bangsa

Baca juga: Plh Gubernur serahkan sapi kurban seberat 1 ton ke Masjid Raya Bandung

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022