Lebak (ANTARA) -
Khatib Shalat Idul Adha KH Badrusalam menyatakan negara akan kuat bila anggota keluarga taat terhadap perintah Allah SWT, sebagai mana yang dilakukan keluarga Nabi Ibrahim AS.
 
"Keluarga Nabi Ibrahim AS menjadi tauladan bagi seluruh umat dengan ketakwaan kepada Allah SWT, " kata KH Badrusalam di hadapan ribuan jamaah Shalat Idul Adha di Alun-alun Multatuli Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Ahad.
 
Keluarga Nabi Ibrahim AS yang penuh demokrasi, adil dan bijaksana dan selalu bermusyawarah bersama isteri dan anak untuk mendukung perintah Allah SWT.
 
Di mana perintah Allah itu ditujukan kepada keluarga Nabi Ibrahim sangat berat untuk menyembelih anak kesayanganya bernama Ismail.

Baca juga: Lukman Hakim ajak jamaah maknai Haji Wada' Rasulullah

Baca juga: Wali Kota Pangkalpinang potong 16 ekor hewan kurban di kebun
 
Namun, keluarga Ibrahim dengan ketakwaan kepada Allah SWT dengan rela untuk menyembelih anaknya itu.
 
Keluarga Nabi Ibrahim sebagai ayah dan Ismail anggota keluarga selalu bermusyawarah untuk menerima perintah Allah SWT itu.
 
Keluarga yang terbentuk dari keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT akan menguat negara.
 
"Dengan rela dan ikhlas akhirnya keluarga Nabi Ibrahim menerima perintah Allah SWT untuk menyembelih anak semata wayangnya, " katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, peristiwa pada bulan Zulhijah berdasarkan sejarah Islam melahirkan kejadian besar di antaranya Allah SWT menerima taubat Nabi Adam AS hingga ratusan pemohon taubat lainnya.
 
Begitu juga dengan Nabi Yunus yang dikeluarkan dari perut ikan besar hingga selamat, Nabi Zakaria menerima keturunan Maryam juga lahirnya Nabi Musa AS.
 
Peristiwa besar itu menjadikan ujian bagi umat untuk mematuhi dan takwa kepada Allah SWT.
 
Terkadang manusia lupa dengan kekayaan harta yang banyak, sehingga mereka jauh dari Allah SWT.
 
Oleh karena itu, momentum bulan Zulhijah menjadikan cerminan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
 
"Kita berharap pada bulan Zulhijah itu lebih dapat meningkatkan ketakwaan dan menjauhi larangan Allah SWT," katanya.
 
Pada Idul Adha 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Lebak dan warga menyembelih 140 ekor sapi 42 ekor kerbau dan 1.590 ekor domba.*
   

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022