Batam (ANTARA) - Ratusan warga di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, antusias mengikuti Shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Dataran Engku Putri, Ahad pada pukul 07.00 WIB.

Mereka yang datang, bukan hanya berjalan kaki, namun juga menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Setiba di Dataran Engku Putri mereka langsung menggelar sajadah yang mereka bawa lalu mengumandangkan takbir.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain di Batam, Ahad, menyatakan  terdapat 610 titik pelaksanaan Shalat Idul Adha yang tersebar di 12 kecamatan yang ada di daerah setempat.

Baca juga: Khatib: Negara akan kuat bila keluarga taat perintah Allah SWT

Baca juga: Wali Kota Pangkalpinang potong 16 ekor hewan kurban di kebun


Khatib Bambang Maryono dalam khutbahnya menyampaikan bahwa hakikat dari pelaksanaan ibadah kurban, ibadah haji, hingga ibadah shalat Idul Adha bertujuan untuk meminta ampun kepada Allah yang Maha Kuasa.

Disamping itu, Bambang juga mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir dalam shalat Id untuk mendoakan jamaah haji yang sedang melaksanakan berbagai rangkaian ibadah di Tanah Suci, agar selalu diberikan keselamatan dan keberkahan.

"Kita berdoa juga kepada Allah SWT. agar saudara-saudara kita yang melaksanakan ibadah haji, selamat sampai Kota Mekkah dan Madinah. Selamat menjalankan rukun sunnah dan wajib ibadah haji, dan selamat kembali ke Tanah Air dengan membawa haji dan hajjah mabrur," ujar Bambang.

Sebelumnya Pemkot Batam menggelar pawai takbir Idul Adha 1443 Hijriah, Sabtu malam, yang dipusatkan di Dataran Engku Hamidah.

Ketua Panitia Kegiatan Pelaksanaan Idul Adha Kota Batam, Yusfa Hendri, mengatakan pawai takbir ini diikuti sebanyak 53 kendaraan hias yang terdiri dari kecamatan, kelurahan, organisasi perangkat daerah (OPD), hingga organisasi Islam di daerah setempat.

Pawai takbir keliling tersebut dilepas langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.*

Baca juga: Khatib Shalat Id: Ibadah kurban "pupuk" kepedulian kepada sesama

Baca juga: Hidayat Nur Wahid ajak jamaah maknai solidaritas keumatan


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022