pemotongannya melibatkan juru sembelih dari 'Juleha'
Surabaya (ANTARA) - Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyerahkan sapi kurban milik Presiden RI Joko Widodo ke pengelola Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

"Semoga bermanfaat untuk semua," ujarnya saat menyerahkan sapi kurban usai mengikuti Shalat Idul Adha 1443 Hijriah di halaman masjid, Ahad.

Selain sapi milik Jokowi, Emil Dardak juga menyerahkan sapi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Pada momen Idul Adha tahun ini, Khofifah tidak bisa menyerahkan langsung karena sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Emil Dardak mengikuti shalat id didampingi istrinya yang juga Ketua TP PKK Jatim Arumi Bacshin, beserta seorang putrinya.

Baca juga: PP Muhammadiyah terima sapi dari Presiden dan Wakil Presiden
Baca juga: Presiden Jokowi berikan sapi kurban ke 34 provinsi

Sapi kurban milik Presiden Jokowi berjenis simental, berat badan 1,2 ton, berusia 2,5 tahun, tinggi pundak 151 centimeter, panjang badan 187 centimeter, lingkar dada 256 centimeter dan dibeli dari peternak Dandy Narindra asal Desa Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Kemudian, sapi kurban Gubernur Khofifah berjenis simental warna merah yang usianya lima tahun dengan berat 1,05 ton, tinggi gumba 160 centimeter, panjang badan 195 centimeter dengan lingkar dada 231 centimeter.

Sedangkan, sapi kurban dari Emil Dardak juga berjenis sama, yaitu simental, warna merah, berusia 2,5 tahun, berat badan 950 kilogram, tinggi gumba 147 centimeter, panjang badan 180 centimeter, dan lingkar dada 217 centimeter.

Sapi kurban milik Khofifah dan Emil dibeli dari peternak yang sama, yaitu H Budiono asal Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro.

Baca juga: Gubernur Jatim imbau penyembelihan hewan kurban di RPH
Baca juga: Pemprov Jatim imbau penyembelihan hewan kurban secara sehat dan aman

Humas Masjid Nasional Al Akbar Helmy M Noor menyampaikan, sapi kurban dari Presiden, Kapolri maupun Gubernur akan dipotong pada Senin, 11 Juli 2022, yang dimulai pukul 06.00 WIB.

Total di tahun ini, jumlah hewan kurban yang diamanahkan untuk dilakukan penyembelihan di Masjid Al Akbar sebanyak 26 ekor sapi dan 57 ekor kambing.

"Pemotongannya melibatkan juru sembelih dari 'Juleha' atau juru sembelih halal Pemprov Jatim dan pekerja rumah potong hewan," katanya.

Tahapan penyembelihan terdiri dari transit hewan kurban, pemotongan, pencacahan, pengemasan dan distribusi.

Mengenai distribusi daging, panitia berdasarkan data pengajuan dari kelurahan sekitar masjid dan pengajuan lembaga sosial yang sudah diverifikasi.

"Panitia tidak membagikan daging kurban di masjid, melainkan langsung dikirim ke penerima," tutur Helmy.

Baca juga: Wali Kota Surabaya terbitkan SE pedoman pelaksanaan kurban
Baca juga: Pemkot Surabaya salurkan 59 hewan kurban ke masjid-masjid
Baca juga: Kapolri dan Wakapolri serahkan 112 hewan kurban Idul Adha 1443 H

 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022