hewan kurban terbanyak berada di Kecamatan Cilincing dengan jumlah 862 ekor
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara mencatat sebanyak 3.221 ekor hewan kurban disembelih di 187 lokasi di enam kecamatan  pada Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada Minggu.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara Unang Rustanto mengatakan hewan kurban terbanyak berada di Kecamatan Cilincing dengan jumlah 862 ekor.

"Total ada 3.221 hewan kurban yang dipotong di 187 tempat pemotongan sampai dengan 10 Juli. Terbanyak di Kecamatan Cilincing dengan jumlah 862 ekor," kata Unang.

Secara rinci, 3.221 ekor hewan kurban terdiri dari 1.007 ekor sapi, 2.116 kambing, dan 98 domba.

Di Kecamatan Cilincing dilakukan penyembelihan 325 sapi, 515 kambing dan 22 domba di 47 tempat pemotongan hewan kurban.

Kecamatan Kelapa Gading dilakukan penyembelihan 194 sapi, 622 kambing dan nihil domba di 20 tempat pemotongan hewan kurban. Di Kecamatan Tanjung Priok dilakukan penyembelihan 140 sapi, 299 kambing dan 54 domba di 35 tempat pemotongan hewan kurban.

Di Kecamatan Koja dilakukan penyembelihan 152 sapi, 262 kambing dan enam domba di 38 tempat pemotongan hewan kurban.

Di Kecamatan Penjaringan dilakukan penyembelihan 76 sapi, 230 kambing dan tiga domba di 20 tempat pemotongan hewan kurban.

Di Kecamatan Pademangan dilakukan penyembelihan 120 sapi, 188 kambing dan 13 domba di 29 tempat pemotongan hewan kurban.

Sementara itu, Kelompok Kerja Jurnalis Jakarta Utara (JJU) ikut mendistribusikan 150 paket daging hewan kurban kepada warga sekitar Jalan Lodan Raya, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu.

Panitia kurban JJU Gunawan Sugro mengatakan penyembelihan dan penyaluran paket daging hewan kurban tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Pembagian daging di halaman Pintu Air Flushing Ancol dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak, pemotongan juga hanya dihadiri oleh panitia saja, tidak berkerumun," kata Sugro.

Selain dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, pembagian hewan kurban itu juga untuk membantu meringankan beban warga akibat pandemi COVID-19.

Dia mengatakan, total ada 150 paket daging kurban yang dibagikan kepada warga. Jumlah tersebut diperoleh dari pemotongan enam ekor kambing.

Ia merinci, dua ekor kambing merupakan pemberian dari Pemerintah Kota Jakarta Utara, dan masing-masing satu ekor kambing dari Polres Metro Jakarta Utara, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kecamatan Pademangan, dan Kelurahan Ancol.

"Kegiatan ini terselenggara setiap tahun berkat kepercayaan Wali Kota Jakarta Utara, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Camat Pademangan, dan Lurah Ancol sehingga kami dapat membagikan 150 bungkus daging kurban kepada warga," katanya

Tahun lalu, JJU juga menyalurkan daging kurban sebanyak 100 paket dari pemotongan sebanyak empat ekor.

"Alhamdulillah, hari ini bertambah menjadi enam ekor. Semoga apa yang sama-sama kita berikan bisa membantu warga menghadapi masa-masa sulit ini," kata Sugro.
Baca juga: Polda Metro salurkan 11 ton rendang hasil olahan daging kurban
Baca juga: Warga Grogol Jakbar bagikan daging kurban dari pintu ke pintu
Baca juga: Ini kata Anies terkait penanganan PMK di Ibu Kota

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022