Jakarta (ANTARA) - Selain memulihkan pikiran anak, liburan sekolah juga bisa dimanfaatkan orang tua untuk membekali anak-anaknya dengan berbagai macam kegiatan edukatif.

Tak hanya bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak, kegiatan-kegiatan edukatif berikut ini juga dapat merangsang kreativitas, hingga mengajarkan pesan moral kepada sang anak, dikutip dari siaran resmi Ayobantu yang diterima Senin.

Baca juga: "Toxic parenting" bisa bikin anak alami kecemasan & tidak percaya diri

Berkemah
Jika bosan dengan suasana di dalam rumah, berkemah bisa menjadi kegiatan menyenangkan bagi anak. Suasana yang terbangun akan membuat mereka melupakan rasa bosan karena selalu dalam ruangan.

Karena masih dalam kondisi pandemi, tidak perlu berkemah jauh-jauh. Cukup memanfaatkan halaman rumah saja dengan perlengkapan yang ada, atau berkunjung ke wisata edukasi yang sudah mempersiapkan segala sesuatu sesuai kebutuhan Anda. Percayalah, anak-anak lebih kreatif dalam membangun imajinasi.

Outbound
Bermain di alam terbuka dengan beberapa permainan menarik adalah keseruan tersendiri bagi anak. Anda bisa mengajaknya bersenang-senang menikmati sejuknya alam bebas. Permainan-permainan menarik bisa menjadikan orang tua lebih dekat dengan anak-anak.

Jangan lupa, sempatkan untuk mengabadikan momen tersebut agar kelak, sang anak mengetahui bahwa dirinya selalu merasakan kehangatan dan kebersamaan dengan orang tuanya.

Baca juga: Tips liburan bersama anak ala Caca Tengker

Berdonasi
Berdonasi bisa membangun rasa empati dan simpati terhadap sesama. Alangkah baiknya jika selama libur sekolah, orang tua mengajak anaknya untuk berdonasi.

Berkreasi
Kegiatan edukatif lainnya yang bisa dilakukan saat libur sekolah adalah dengan memberikan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan membuat keramik, pelatihan membatik, dan beberapa kerajinan tangan lainnya.

Mengajak anak-anak berkreasi dengan barang bekas yang terdapat di rumah kemudian membuatnya menjadi barang-barang cantik untuk mengisi rumah Anda. Hal ini, selain menyenangkan juga membuat anak terampil berkarya saat libur hari minggu atau saat liburan sekolah tiba.

Memasak
Menyiapkan makanan bagi keluarga dapat mengusir rasa bosan pada anak. Libatkan anak ketika orang tua hendak memasak. Misalnya, memotong dan mengupas buah-buahan, memasukkan dan mengaduk-aduk adonan bahan makanan.

Dengan melibatkan anak dengan kegiatan memasak anak akan tahu beberapa peralatan dapur tentu saja ini akan menambah pengetahuan mereka. Tapi perlu diingat, tetap awasi anak Anda.

Baca juga: Ide aktivitas edukasi liburan sekolah di Ganara Art

Baca juga: Metode "read aloud" dapat tingkatkan minat baca anak

Baca juga: Mengenal konsep belajar "meaningful learning" untuk anak

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022